Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 14:41 WIB | Jumat, 07 Februari 2014

AS Kembalikan Lukisan Curian ke Polandia

Lukisan Johann Conrad Seekatz yang dicuri Nazi, dikembalikan AS ke Polandia. (Foto: Dep Keamanan Dalam Negeri AS)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM -  Sebuah lukisan karya Johann Conrad Seekatz yang dicuri Nazi dari museum Warsawa saat Perang Dunia II, telah dikembalikan ke Polandia, kata otoritas AS, Kamis (6/2).

Lukisan berjudul St Philip Baptizing a Servant of Queen Kandaki itu dicuri dari Museum Nasional Warsawa saat konflik 1939-1945, kata jaksa federal New York dalam sebuah pernyataan.

Dikenal sebagai “Seekatz Painting”, karya seni tersebut telah berpindah tangan ke seluruh dunia sebelum muncul kembali pada 2006, saat dijual ke sebuah galeri di London dengan judul lain.

Evaluasi yang dilakukan 2012 menetapkan lukisan itu sebenarnya karya seni yang dicuri pasukan Jerman lebih dari setengah abad lalu.

Lukisan tesebut ditemukan oleh pejabat AS setelah adanya perintah penyitaan yang diajukan pada Juli 2012, dan secara resmi diserahkan kembali kepada Menteri Kebudayaan Polandia Bogdan Zdrojewski dan Duta Besar Polandia untuk AS Ryszard Schnepf dalam sebuah upacara, Kamis lalu.

“Kami sangat senang akhirnya dapat menyerahkan harta nasional Polandia ini kembali ke negara dan rakyatnya,” kata Jaksa AS Preet Bharara.

Seekatz (1719-1768) adalah salah satu pelukis Jerman yang paling terkenal dari abad ke-18.

Nazi secara sistematis mencuri karya seni yang tak terhitung jumlahnya selama Perang Dunia II. Banyak yang telah ditemukan dan dikembalikan ke pemilik aslinya, namun ada juga yang tidak pernah ditemukan. (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home