Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 17:56 WIB | Rabu, 04 Desember 2013

1,5 Juta Halaman Naskah Kuno Tersedia di Perpustakaan Online

Alkitab Guttenberg. (Foto: ist)

VATICAN, SATUHARAPAN.COM -  Perpustakaan  Vatican dan Perpustakaan Universitas Oxford Bodleian untuk pertama kalinya telah memposting naskah kuno sebanyak 1,5 juta halaman pada perpustakaan online mereka.

Kedua perpustakaan pada tahun 2012 mengumumkan sebuah projek empat tahun untuk mendigitalkan beberapa karya yang paling penting dari koleksi mereka dari naskah Ibrani, manuskrip Yunani dan buku-buku yang awal dicetak.

Di antara yang pertama sampai di situs beralamat  http:/bav.bodleian.ox.ac.uk,  pada hari Selasa (3/12) adalah dua volume Alkitab Gutenberg  dari masing-masing perpustakaan dan Alkitab Jerman yang indah dari abad ke-15. Alkitab itu ditulis tangan dengan ilustrasi berwarna pada ukiran kayu.

Projek  senilai  US$ 3,3 juta (setara Rp 39,5 miliar) itu didanai oleh Polonsky Foundation, yang bertujuan untuk mendemokrasikan akses ke informasi.

Perpustakaan Vatikan didirikan pada  tahun 1451 dan merupakan salah satu perpustakaan penelitian yang paling penting di dunia. The Bodleian adalah perpustakaan universitas terbesar di Inggris. (huffingtonpost.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home