Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 21:48 WIB | Sabtu, 07 September 2013

SBY Sudah Lama Pikirkan Pemindahan Ibukota Negara

Presiden SBY bersama jajaran kabinet memberi keterangan pers di Hotel Grand Emerald, St. Petersburg, Rusia, Sabtu (7/9). (Foto: setkab.go.id)

ST. PETERSBURG, SATUHARAPAN.COM - Presiden SBY mengaku sudah lama memikirkan pemindahan pusat pemerintahan ke luar dari kota Jakarta. Menurut Kepala Negara, kalau memang secara ekonomi Indonesia sudah kuat, dan tidak ada solusi yang baik dalam mengatasi permasalahan Jakarta, juga ada keterdesakan yang tidak bisa ditunda-tunda lagi, tidak salah kalau pemerintah memikirkan suatu tempat untuk dibangun menjadi pusat pemerintahan baru.

“Pusat perekonomian tetap di Jakarta, tapi pusat pemerintahan di kota lain,” kata Presiden SBY dalam jumpa pers di Hotel Grand Emerald, St. Petersburg, Rusia, Sabtu (7/9) pagi pukul 10.00 waktu setempat.

Menurut Presiden, dia sudah memikirkan pemindahan pusat pemerintahan ke luar Jakarta ini 4 – 5 tahun lalu. SBY bahkan sudah membentuk tim kecil untuk memikirkan kemungkinan memindahkan ibu kota.

“Karena kebiasaan di negeri kita ini apapun kalau muncul ide baru langsung didebat atau disalahkan. Sebaliknya kalau saya mengatakan tidak perlulah kita memikirkan pusat pemerintahan yang baru, tetap disalahkan juga,” keluh Presiden SBY.

“Tentu ada plus dan minusnya. Kalau nanti kita berpikir membangun pusat pemerintahan yang baru, kita pastikan Jakarta jauh menjadi lebih baik, dan pusat pemerintahan yang baru juga dapat berfungsi secara efektif,” terang Presiden SBY. (setkab.go.id)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home