Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:20 WIB | Kamis, 17 November 2022

Sebagian Besar Anggota G20 Mengecam Invasi Rusia ke Ukraina

Jokowi: pernyataan menyikapi perang Rusia di Ukraina merupakan hal yang paling alot diperdebatkan.
Presiden Joko Widodo dalam pernyataan pers di media center di Bali International Convention Center, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Rabu, 16 November 2022. (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

DENPASAR, SATUHARAPAN.COM-Kepemimpinan Indonesia pada G20 menghasilkan Deklarasi Pemimpin G20 Bali meski pada awalnya diragukan banyak pihak. Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa dalam penyusunan deklarasi berjumlah 52 paragraf tersebut, penyikapan perang di Ukraina merupakan hal yang paling alot dan sangat diperdebatkan.

“Diskusi mengenai hal ini berlangsung sangat-sangat alot sekali dan akhirnya para pemimpin G20 menyepakati isi deklarasi yaitu condemnation perang di Ukraina karena telah melanggar batas wilayah, melanggar integritas wilayah,” kata Presiden dalam pernyataan pers di media center di Bali International Convention Center, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Rabu, 16 November 2022.

Perang di Ukraina telah mengakibatkan penderitaan masyarakat dan memperberat ekonomi global yang masih rampuh akibat pandemi yang menimbulkan risiko terhadap krisis pangan, krisis energi, dan potensi krisis finansial. Oleh karena itu, G20 membahas dampak perang terhadap kondisi perekonomian global.

Menurut Presiden, G20 Bali juga telah menghasilkan beberapa hasil konkret, antara lain terbentuknya pandemic fund yang sampai hari ini terkumpul 1,5 miliar dolar AS. Kemudian pembentukan dan operasionalisasi resilient and sustainability trust di bawah Dana Moneter International (IMF) sejumlah 81,6 miliar dolar AS untuk membantu negara-negara yang menghadapi krisis.

“Kemudian juga energy transition mechanism, khususnya untuk Indonesia, memperoleh komitmen dari Just Energy Transition Programme sebesar 20 miliar dolar AS,” katanya.

Di samping itu, dihasilkan juga komitmen bersama yakni setidaknya 30 persen dari daratan dunia dan 30 persen lautan dunia dilindungi di tahun 2030.

“Ini sangat bagus, dan melanjutkan komitmen mengurangi degradasi tanah sampai 50 persen tahun 2040 secara sukarela. Saya kira hasil yang konkret itu, meskipun banyak sekali sebetulnya hasil-hasil yang lainnya,” katanya.

Ada Pandangan Lain

Anggota Kelompok 20 (G20) ekonomi terkemuka mengakhiri pertemuan mereka pada Rabu dengan menyatakan bahwa sebagian besar dari mereka mengutuk keras perang Rusia di Ukraina dan memperingatkan bahwa konflik tersebut meningkatkan kerapuhan ekonomi dunia.

Deklarasi penutupan KTT tersebut patut diperhatikan dalam menyoroti perang mengingat perpecahan di antara kelompok tersebut, yang tidak hanya mencakup Rusia sendiri tetapi juga negara-negara seperti China dan India yang memiliki hubungan perdagangan yang signifikan dengan Moskow dan telah menghentikan kritik langsung terhadap perang tersebut.

Namun, diakui “ada pandangan lain dan penilaian berbeda” dan menyatakan bahwa G-20 “bukan forum untuk menyelesaikan masalah keamanan.”

Konflik menjulang besar selama dua hari pertemuan puncak yang diadakan di pulau  Bali di Indonesia.

Berita di pagi hari tentang ledakan yang mengguncang Polandia timur mendorong Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, untuk segera mengatur pertemuan darurat dengan anggota G-7 dan NATO yang berkumpul di KTT tersebut.

Polandia mengatakan ledakan di dekat perbatasan Ukraina itu disebabkan oleh rudal buatan Rusia dan sedang menyelidiki apa yang terjadi. Anggota NATO berhenti menyalahkan Rusia atas insiden itu, yang menewaskan dua orang. Rusia membantah terlibat.

Biden mengatakan "tidak mungkin" rudal itu ditembakkan dari Rusia, dan dia menjanjikan dukungan untuk penyelidikan Polandia.

“Ada informasi awal yang membantahnya,” kata Biden kepada wartawan ketika ditanya apakah rudal itu ditembakkan dari Rusia. “Kecil kemungkinan peluru itu ditembakkan dari Rusia, tapi kita lihat saja nanti.”

Biden bergabung di G-20 oleh para pemimpin termasuk Presiden China, Xi Jinping, Perdana Menteri India, Narendra Modi, dan Perdana Menteri Inggris yang baru, Rishi Sunak. Presiden Rusia, Vladimir Putin tidak hadir.

Kata-kata yang hati-hati dari pernyataan terakhir mencerminkan ketegangan pada pertemuan tersebut dan tantangan bagi AS dan sekutunya untuk mengisolasi pemerintah Putin. Beberapa anggota G-20, termasuk tuan rumah Indonesia, khawatir terjerat dalam perselisihan antara kekuatan yang lebih besar.

Namun, deklarasi tersebut merupakan teguran keras atas perang yang telah menewaskan ribuan orang, meningkatkan ketegangan keamanan global, dan mengganggu ekonomi dunia.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, yang memimpin delegasi Rusia ke Indonesia menggantikan Putin, mengecam dorongan administrasi Biden untuk mengutuk Moskow dalam sambutannya pada hari Selasa.

Pertemuan Darurat

G-20 didirikan pada tahun 1999 awalnya sebagai forum untuk mengatasi tantangan ekonomi. Kelompok ini termasuk Argentina, Australia, Brasil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa. Spanyol memegang kursi tamu permanen.

Pertemuan darurat pada pagi hari termasuk para pemimpin G-7, yang meliputi Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris dan Uni Eropa, bersama dengan presiden Dewan Eropa dan perdana menteri sekutu NATO, Spanyol dan Belanda.

Biden mengadakan pertemuan terpisah dengan Sunak, dalam percakapan panjang pertama mereka sejak dia menjabat bulan lalu. "Kami akan terus mendukung Ukraina selama Rusia melanjutkan agresi mereka," kata Biden di samping Sunak, menambahkan bahwa dia "senang kami berada di halaman yang sama" dalam mendukung Ukraina.

Pada hari Selasa, Rusia menggempur kota-kota Ukraina dengan lusinan serangan rudal dalam serangan terbesarnya di fasilitas energi negara itu, yang telah berulang kali diserang saat musim dingin mendekat.

Biden mengatakan para pemimpin mengutuk serangan Rusia terbaru, yang telah menyebabkan pemadaman listrik yang meluas. “Saat dunia berkumpul di G-20 untuk mendesak de-eskalasi, Rusia terus meningkat serangan di Ukraina, sementara kita bertemu,” kata Biden. (dengan AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home