Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 17:20 WIB | Rabu, 25 Mei 2022

Sebanyak 1,1 Juta Balita di Afghanistan Alami Malnutrisi Parah

Sebanyak 1,1 Juta Balita di Afghanistan Alami Malnutrisi Parah
Seorang anak laki-laki menderita malnutrisi akut terbaring di tempat tidur di bangsal malnutrisi rumah sakit Indira Gandhi di Kabul, Afghanistan, Minggu, 22 Mei 2022. Sekitar 1,1 juta anak-anak Afghanistan di bawah usia lima tahun akan menghadapi malnutrisi pada akhir tahun , karena bangsal rumah sakit sudah penuh dengan anak - anak yang sakit. (Foto-foto: AP/Ebrahim Noroozi)
Sebanyak 1,1 Juta Balita di Afghanistan Alami Malnutrisi Parah
Seorang perempuan menggendong bayinya yang kekurangan gizi di Rumah Sakit Anak Ataturk di Kabul, Afghanistan, Rabu, 18 Mei 2022.

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Di Afghanistan, 1,1 juta anak di bawah usia lima tahun kemungkinan akan menghadapi bentuk kekurangan gizi yang paling parah tahun ini, menurut PBB, karena semakin banyak anak-anak yang kelaparan dan kurus dibawa ke bangsal rumah sakit.

PBB dan badan-badan bantuan lainnya mampu mencegah kelaparan langsung setelah Taliban mengambil alih Afghanistan tahun lalu, meluncurkan program bantuan darurat besar-besaran yang memberi makan jutaan orang.

Tetapi mereka berjuang untuk mengimbangi kondisi yang terus memburuk. Kemiskinan meningkat dan membuat lebih banyak warga Afghanistan membutuhkan bantuan, harga pangan global meningkat akibat perang di Ukraina dan janji-janji pendanaan internasional sejauh ini tidak tercapai, menurut laporan penilaian yang dikeluarkan bulan ini.

Akibatnya, mereka yang rentan menjadi korban, termasuk anak-anak tetapi juga para ibu yang berjuang untuk menghidupi diri sendiri bersama keluarganya.

Nazia mengatakan dia telah kehilangan empat anak karena kekurangan gizi, dua putri dan dua putra di bawah dua tahun. “Keempatnya meninggal karena masalah keuangan dan kemiskinan,” kata Nazia, 30 tahun. Ketika anak-anaknya jatuh sakit, dia tidak punya uang untuk mengobati mereka.

Nazia berbicara kepada The Associated Press di Rumah Sakit Charakar di Provinsi Parwan, di mana dia dan putrinya yang berusia tujuh bulan dirawat karena kekurangan gizi. Suaminya adalah buruh harian tetapi juga pecandu narkoba dan jarang menghasilkan pendapatan, katanya. Seperti banyak orang Afghanistan, dia hanya menggunakan satu nama.

UNICEF, badan anak-anak PBB, mengatakan 1,1 juta anak tahun ini diperkirakan menderita kekurangan gizi akut parah, juga dikenal sebagai kurus parah, hampir dua kali lipat jumlahnya pada 2018 dan naik dari hanya di bawah satu juta tahun lalu.

Wasting (kurus dan kurang tenaga) parah adalah jenis malnutrisi yang paling mematikan, di mana makanan sangat kurang sehingga sistem kekebalan anak terganggu, menurut UNICEF. Mereka menjadi rentan terhadap berbagai serangan penyakit dan akhirnya menjadi sangat lemah sehingga tidak dapat menyerap nutrisi.

Jumlah anak balita yang dirawat di fasilitas kesehatan dengan gizi buruk akut terus meningkat, dari 16.000 pada Maret 2020 menjadi 18.000 pada Maret 2021, kemudian melonjak menjadi 28.000 pada Maret 2022, kata perwakilan UNICEF di Afghanistan, Mohamed Ag Ayoya, menulis dalam tweet pekan lalu.

Dihantam oleh salah satu kekeringan terburuk dalam beberapa dasawarsa dan dilanda perang bertahun-tahun, Afghanistan sudah menghadapi darurat kelaparan; tetapi pengambilalihan Taliban pada Agustus membawa negara itu ke dalam krisis. Banyak lembaga pembangunan menarik diri dan sanksi internasional memotong miliaran keuangan untuk pemerintah, dan meruntuhkan ekonomi.

Jutaan orang jatuh ke dalam kemiskinan, berjuang untuk membeli makanan bagi keluarga mereka. Pada akhir tahun lalu, setengah dari populasi sekitar 38 juta hidup di bawah garis kemiskinan, menurut angka PBB. Ketika ekonomi terus runtuh dan harga meningkat, itu bisa meningkat tahun ini hingga mencapai 97% dari populasi pada pertengahan 2022, menurut Program Pembangunan PBB.

Karena kemiskinan, “para ibu tidak memiliki nutrisi yang tepat selama kehamilan, dan tidak dapat makan dengan benar setelah melahirkan, kata Mohammad Sharif, seorang dokter di rumah sakit Charakar.

Di Rumah Sakit Mirwais di Provinsi Kandahar selatan, 1.100 anak dengan malnutrisi telah dirawat dalam enam bulan terakhir, 30 di antara mereka meninggal, kata Dr. Mohammad Sediq, kepala bangsal anak.

Seorang ibu, Kobra, mengatakan dia tidak bisa menyusui anaknya yang berusia enam bulan. “Dia terus-menerus kehilangan berat badan dan banyak menangis, saya tahu itu semua karena kelaparan, tetapi tidak bisa berbuat apa-apa” katanya.

Di rumahnya di distrik miskin kota Kandahar, Jamila mengatakan putranya yang berusia delapan bulan meninggal bulan lalu setelah didiagnosis menderita kekurangan gizi parah. Jika dia tidak mendapatkan bantuan, dia mengkhawatirkan keempat anaknya yang lain, katanya.

“Pemerintah tidak membantu kami sama sekali, tidak ada yang bertanya apakah kami lapar atau makan atau tidak,” katanya.

Badan-badan PBB meluncurkan program bantuan besar-besaran yang dipercepat setelah pengambilalihan Taliban, meningkat ke titik di mana mereka sekarang memberikan bantuan makanan kepada 38% populasi.

Jumlah orang yang menghadapi kerawanan pangan akut turun sedikit dari 22,8 juta akhir tahun lalu menjadi 19,7 juta saat ini, menurut laporan Mei oleh IPC, sebuah kemitraan antara PBB dan badan-badan lain yang menilai ketahanan pangan. Dari Juni hingga November tahun ini, jumlah itu diperkirakan akan turun sedikit lebih jauh, menjadi 18,9 juta, kata IPC. Tetapi pengurangan kecil itu "jauh dari menunjukkan tren positif," katanya memperingatkan.

Penurunan itu rendah dibandingkan dengan skala bantuan, katanya. Selain itu, kondisi yang memburuk mengancam akan membanjiri upaya tersebut. Ini menunjuk pada keruntuhan ekonomi yang berkelanjutan, harga pangan dan bahan bakar yang lebih tinggi dan gangguan pasokan yang disebabkan oleh perang Ukraina, dan "inflasi yang belum pernah terjadi sebelumnya" di Afghanistan.

Sementara itu, kekurangan dana mengancam jangkauan bantuan. Proporsi penduduk yang menerima bantuan makanan dapat turun menjadi hanya 8% selama enam bulan ke depan karena sejauh ini hanya US$601 juta dari US$4,4 miliar yang dibutuhkan telah diterima dari masyarakat dunia, kata IPC. Lebih dari US$2 miliar yang telah dijanjikan.

Melanie Galvin, kepala program nutrisi UNICEF di Afghanistan, mengatakan angka 1,1 juta anak berasal dari penilaian tahunan badan tersebut, yang dilakukan musim gugur lalu dan berdasarkan kondisi yang diperkirakan.

“Setiap tahun, semua faktor yang berhubungan dengan kekurangan gizi terus meningkat,” katanya kepada AP. Itu hanya terus naik dan naik dalam hal situasi yang memburuk. Kekeringan telah menjadi pendorong utama kerawanan pangan, katanya, ditambah dengan meningkatnya kemiskinan, kurangnya akses ke air bersih dan perawatan medis, kebutuhan akan vaksinasi yang lebih besar untuk penyakit seperti campak yang menyerang anak-anak yang kekurangan gizi.

Kabar baiknya adalah bahwa lembaga memiliki akses ke seluruh negeri sekarang, katanya. UNICEF membuka sekitar 1.000 tempat perawatan di lokasi terpencil di mana orang tua dapat membawa anak-anak mereka yang kekurangan gizi daripada harus melakukan perjalanan ke pusat kota yang lebih besar.

Tapi tanggap darurat tidak berkelanjutan dalam jangka panjang, katanya. “Kami membutuhkan semua faktor ini di lingkungan eksternal untuk ditingkatkan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home