Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 09:28 WIB | Sabtu, 02 September 2023

Sejumlah Artis Visual Gugat Perusahaan Pembuat Kecerdasan Buatan

Mereka menuduh telah terjadi pelanggaran hak cipta yang merugikan mereka.
Artis Kelly McKernan melukis di studio mereka hari Selasa, 15 Agustus 2023, di Nashville, Tenn. AS. McKernan adalah seorang artis visual dan salah satu dari tiga penggugat dalam gugatan terhadap perusahaan kecerdasan buatan yang mereka tuduh telah melanggar hak cipta mereka. (Foto: AP/George Walker IV)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Lukisan akrilik dan cat air Kelly McKernan yang bernuansa berani dan bersemangat, sering kali menampilkan sosok feminin dalam warna hijau cerah, biru, merah muda, dan ungu. Gayanya, dalam kata-kata sang artis, adalah “nyata, halus… mengatasi ketidaknyamanan dalam perjalanan manusia.”

Kata “manusia” memiliki resonansi khusus bagi McKernan akhir-akhir ini. Meskipun mencari nafkah sebagai seniman visual selalu menjadi tantangan, dan pandemi COVID-19 ini memperburuk keadaan, namun McKernan kini melihat ancaman eksistensial dari media yang jelas-jelas bukan manusia: kecerdasan buatan (AI).

Sudah sekitar satu tahun sejak McKernan, yang menggunakan kata ganti mereka, mulai memperhatikan gambar-gambar online yang sangat mirip dengan gaya khas mereka yang tampaknya dihasilkan dengan memasukkan nama mereka ke dalam mesin AI.

McKernan, 37 tahun, yang berbasis di Nashville, yang menciptakan seni rupa dan ilustrasi digital, segera mengetahui bahwa perusahaan-perusahaan memasukkan karya seni ke dalam sistem AI yang digunakan untuk “melatih” generator gambar: sesuatu yang dulunya terdengar seperti film fiksi ilmiah aneh tetapi sekarang mengancam penghidupan seniman di seluruh dunia.

“Orang-orang menandai saya di Twitter, dan saya menjawab, 'Hei, ini membuat saya tidak nyaman. Saya tidak memberikan izin agar nama atau karya saya digunakan dengan cara ini,'” kata sang artis itu dalam sebuah wawancara baru-baru ini, rambut biru kehijauan cerahnya mencerminkan karya seni mereka.

“Saya bahkan menghubungi beberapa perusahaan ini untuk mengatakan 'Hei, artis cilik di sini, saya tahu Anda tidak memikirkan saya sama sekali, tapi akan sangat keren jika Anda tidak menggunakan karya saya seperti ini.' Dan , jangkrik, sama sekali tidak ada apa-apa.”

McKernan kini menjadi salah satu dari tiga artis yang berupaya melindungi hak cipta dan karier mereka dengan menggugat pembuat alat AI yang dapat menghasilkan citra baru sesuai perintah.

Gugatan yang diajukan oleh tiga artis visual terhadap pembuat gambar dengan kecerdasan buatan mungkin menjadi pertanda awal betapa sulitnya bagi semua jenis pembuat konten untuk menghentikan pengembang AI mengambil keuntungan dari karya mereka.

Kasus ini menunggu keputusan dari hakim federal San Francisco, yang telah menyuarakan keraguan tentang apakah perusahaan AI melanggar hak cipta ketika mereka menganalisis miliaran gambar dan mengeluarkan sesuatu yang berbeda.

“Kami adalah David melawan Goliat di sini,” kata McKernan. “Pada akhirnya, seseorang mengambil keuntungan dari pekerjaan saya. Saya telah melunasi sewa kemarin, dan saya kekurangan US$ 200. Begitulah keadaan yang menyedihkan saat ini. Dan itu terasa tidak benar.”

Gugatan ini mungkin menjadi pertanda awal betapa sulitnya bagi semua jenis pencipta: aktor Hollywood, novelis, musisi, dan pemrogram computer, untuk menghentikan pengembang AI mengambil keuntungan dari apa yang telah dibuat oleh manusia.

Kasus ini diajukan pada bulan Januari oleh McKernan dan rekan artis Karla Ortiz dan Sarah Andersen, atas nama orang lain seperti mereka, terhadap Stability AI, pembuat Difusi Stabil generator teks-ke-gambar yang berbasis di London. Keluhan tersebut juga menyebutkan nama pembuat gambar populer lainnya, Midjourney, dan galeri online DeviantArt.

Gugatan tersebut menuduh bahwa pembuat gambar AI melanggar hak jutaan artis dengan menyerap sejumlah besar gambar digital dan kemudian menghasilkan karya turunan yang bersaing dengan aslinya.

Para artis mengatakan bahwa mereka pada dasarnya tidak menentang AI, namun mereka tidak ingin dieksploitasi oleh AI. Mereka menuntut ganti rugi secara class action dan perintah pengadilan untuk menghentikan perusahaan mengeksploitasi karya seni tanpa persetujuan.

Stabilitas AI menolak berkomentar. Dalam pengajuan ke pengadilan, perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka membuat “gambar yang benar-benar baru dan unik” menggunakan perintah kata yang sederhana, dan gambar tersebut tidak atau jarang menyerupai gambar dalam data pelatihan.

“Stabilitas AI memungkinkan penciptaan; itu bukan pelanggar hak cipta,” katanya. Midjourney dan DeviantArt tidak membalas permintaan komentar melalui email.

Banyaknya perkembangan tiba-tiba dari generator gambar dapat ditelusuri ke database penelitian tunggal yang sangat besar, yang dikenal sebagai Jaringan Terbuka Kecerdasan Buatan Berskala Besar, atau LAION, yang dijalankan oleh seorang guru sekolah di Hamburg, Jerman.

Gurunya, Christoph Schuhmann, mengatakan dia tidak menyesali proyek nirlaba tersebut, yang bukan merupakan terdakwa dalam tuntutan hukum dan sebagian besar telah lolos dari tuntutan hukum, mengatasi tantangan hak cipta dengan membuat indeks tautan ke gambar yang dapat diakses publik tanpa menyimpannya. Namun sang pendidik berkata bahwa dia memahami mengapa para seniman khawatir. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home