Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:40 WIB | Kamis, 30 Oktober 2014

Sekjen PBB Imbau Bantuan Darurat Cegah Kelaparan Somalia

Anak-anak di Somalia yang terancam bahaya akibat kelaparan. (Foto : satuharapan.com)

MOGADISHU, SATUHARAPAN.COM – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Ban Ki-moon pada Rabu (29/10) memperingatkan, Somalia berisiko kembali mengalami kelaparan tanpa bantuan darurat, saat dia mengunjungi negara yang dilanda perang itu tiga tahun sejak lebih dari 250.000 orang tewas akibat kelaparan. “Lebih dari tiga juta warga Somalia membutuhkan bantuan kemanusiaan dan sayangnya jumlah itu meningkat,” ujar Ban kepada wartawan di ibu kota Mogadishu.

Saya mendesak lembaga-lembaga donor, untuk meningkatkan kontribusi untuk menghindari bencana kelaparan lainnya di Somalia.

PBB mengatakan, pihaknya baru saja menyerahkan sepertiga dana tunai yang diperlukan, setelah menerima 318 juta dolar Amerika (sekitar Rp 3,84 triliun) dari 933 juta dolar Amerika (sekitar Rp 11,28 triliun) yang diminta.

Ban, bersama dengan kepala Bank Dunia Jim Yong Kim, bertemu dengan Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud di dalam area bandara yang dijaga ketat, diamankan oleh tentara dari pasukan Uni Afrika yang didukung PBB berkekuatan 22.000 orang.

Namun, Ban mengatakan bahwa Somalia sudah membuat “kemajuan luar biasa” sejak dirinya terakhir mengunjungi negara tersebut. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home