Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 12:13 WIB | Sabtu, 25 Juni 2016

Sekjen WCC Harap Gereja Ortodoks Berkontribusi bagi Dunia

Sekretaris Jenderal Dewan Gereja Dunia (World Communion Churches/WCC), Olav Fykse Tveit. (Foto: oikoumene.org).

CRETE, SATUHARAPAN.COM – Sekretaris Jenderal Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC), Olav Fykse Tveit, mengharapkan gereja Ortodoks dapat berkontribusi untuk kesatuan umat Kristen di dunia secara keseluruhan.

“Kami berharap pertemuan ini akan mempererat hubungan gereja-gereja Ortodoks dengan kesatuan seluruh gereja Kristen,” kata Tveit dalam pertemuan Komisi Tinggi dan Dewan Kudus  Gereja Ortodoks Sedunia di Crete, Yunani, seperti diberitakan oikoumene.org, hari Jumat (24/6).

Pertemuan berlangsung mulai dari Senin (20/6) sampai dengan Sabtu (25/6). Tveit merasa bangga hadir di tengah-tengah komunitas Ortodoks, sehingga dapat menawarkan doa dan dukungannya.

Pertemuan tersebut membahas beberapa agenda gereja Ortodoks antara lain peraturan pernikahan, pedoman puasa, dan hubungan ekumenis dengan gereja-gereja non-ortodoks.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Keimanan WCC, Odair Pedroso Mateus, meminta orang-orang Kristen di seluruh dunia untuk berdoa bagi sinode gereja-gereja di seluruh dunia sebagai manifestasi persatuan dan saling peduli.

Mateus menambahkan WCC saat ini sedang mempromosikan studi tentang iman dan konvergensi teks Orde Komisi Gereja berjudul Menuju Visi Umum, yang terus dibahas oleh berbagai gereja yang sedang menggumuli  ziarah keadilan dan perdamaian.

Mateus mengemukakan pertemuan Komisi Tinggi dan Dewan Kudus Gereja Ortodoks merupakan pertemuan rutin yang biasa dilakukan dan mentradisi di Gereja Ortodoks selama lebih dari 50 tahun.

Dia menambahkan pertemuan Komisi Tinggi dan Dewan Kudus Gereja Ortodoks mengilhami umat Kristen di seluruh dunia untuk bertekun saat bersekutu dan mencari hikmat Tuhan di dalam  gereja. “Meskipun itu sulit. Ini panggilan kita,” kata dia. (oikoumene.org)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home