Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:30 WIB | Sabtu, 14 Mei 2022

Sekolah di Jerman Kubur Kerangka Manusia Yang Sebelumnya Digunakan untuk Belajar

Murid-murid Johannes-Sturmius-Gymnasium mengucapkan selamat tinggal pada peti mati dengan tulang-tulang kerangka manusia di pemakaman, di Schleiden, Jerman, 11 Mei 2022. Kerangka asli seorang perempuan tak dikenal, dinamai Anh Bian oleh siswa, telah menjadi objek visual untuk siswa di kelas biologi sejak tahun 1952. Sejak itu telah digantikan oleh model plastik. (Foto: Roberto Pfeil/dpa via AP)

BERLIN, SWATUHARAPAN.COM-Siswa di sebuah sekolah menengah di kota Schleiden, Jerman barat, pada hari Rabu (11/5) mengubur anggota lama komunitas mereka, sebuah kerangka manusia di ruang kelas yang telah berfungsi sebagai spesimen untuk kepentingan pendidikan bagi murid dalam beberapa generasi.

Sekitar 80 siswa, guru, dan pejabat kota ambil bagian dalam upacara di pemakaman Protestan Schleiden, di mana tulang belulang seorang perempuan tak dikenal itu dimakamkan dalam peti mati kecil yang menampilkan simbol semua agama besar dunia.

“Kami memang sedang menguburkan seorang anggota komunitas sekolah ke kuburannya,” kata Pendeta Oliver Joswig.

Kerangka yang dinamai Anh Bian, bahasa Vietnam yang berarti “perdamaian misterius”, telah berada di departemen biologi sekolah itu sejak tahun 1952.

Para siswa selama bertahun-tahun telah mendorong agar jenazah perempuan itu dikuburkan, tetapi rencana untuk melakukannya tertunda oleh pandemi, kantor berita Jerman dpa melaporkan.

Sekolah berharap pada akhirnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang asal-usul kerangka setelah hasil sampel DNA yang diambil dari tulang dikembalikan.

Dan pelajaran biologi di sekolah sekarang dilakukan dengan menggunakan model plastic, bukan bagan tubuh asli manusia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home