Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 12:47 WIB | Selasa, 13 Desember 2022

Semi Final Piala Dunia: Pertarungan Messi dan Modric

Ronaldo dan Neymar meningglkan lapangan dengan Alinangan air mata, Messi mungkin berikutnya, dan Modric masih belum bisa diremehkan.
Semi Final Piala Dunia: Pertarungan Messi dan Modric
Lionel Messi, dari Argentina. (Foto: AP)
Semi Final Piala Dunia: Pertarungan Messi dan Modric
Luka Modric dari Kroasia. (Foto: AP)
Semi Final Piala Dunia: Pertarungan Messi dan Modric
Jadwal semi final piala dunia.

DOHA, SATUHARAPAN.COM-Air mata mengalir dari superstar sepak bola terbesar saat mereka keluar lapangan secara emosional dari apa yang mungkin menjadi Piala Dunia terakhir mereka.

Pertama adalah Neymar. Kemudian Cristiano Ronaldo. Mungkinkah Lionel Messi menjadi yang berikutnya?

Momentum dibangun di belakang dorongan Messi untuk menutup karirnya dengan hadiah terbesar dalam permainan. Playmaker Argentina berusia 35 tahun itu telah membawa timnya ke semifinal, hampir dengan cara yang sama dengan Diego Maradona, pria yang sering dibandingkan dengan Messi, untuk memimpin negara Amerika Selatan itu meraih gelar Piala Dunia kedua dan terakhir pada tahun 1986 .

Sekarang di jalan Argentina harus melawan Kroasia, negara dengan populasi empat juta yang membangun reputasi sebagai lawan yang paling keras kepala dan tahan lama, sementara juga memiliki salah satu pemain sepak bola paling anggun, Luka Modric.

Kedua tim akan saling berhadapan di Stadion Lusail, yang juga tempat untuk final hari Minggu, dalam pertemuan antara dua runner-up terakhir di turnamen: Argentina pada tahun 2014 dan Kroasia pada tahun 2018.

Argentina mungkin diharapkan berada di posisi ini. Tim tiba di Piala Dunia sebagai juara Copa America, dengan rekor 36 pertandingan tak terkalahkan dan dengan Messi kembali tampil apik untuk Paris Saint-Germain.

Ada jauh lebih sedikit keributan di sekitar Kroasia, namun mereka terus mengejutkan seperti empat tahun lalu ketika perjalanan mereka ke final termasuk kemenangan 3-0 atas Argentina di babak penyisihan grup. Mereka juga mencapai semifinal Piala Dunia pada tahun 1998.

Kedua tim telah melewati saat-saat yang tidak nyaman. Masa tergelap Argentina terjadi tepat di awal turnamen, setelah kalah 2-1 dari Arab Saudi dalam apa yang akan disebut sebagai salah satu kekecewaan terbesar Piala Dunia.

Terinspirasi oleh Messi dan salah satu penggemar paling setia di Qatar, Argentina memenangkan dua pertandingan grup terakhirnya, akhirnya mengalahkan Australia 2-1 di babak 16 besar dan kemudian membutuhkan penalti untuk melewati Belanda dalam pertandingan perempat final yang liar.

Messi sekarang memiliki empat gol di turnamen di Qatar, membuatnya tertinggal satu gol dari pencetak gol terbanyak, Kylian Mbappé (Prancis). Mereka mungkin adalah dua pemain menonjol di Piala Dunia yang telah melihat banyak pemain top lainnya memenuhi reputasi tinggi mereka.

Modric adalah contohnya. Dia mungkin tidak mencetak gol. Dia bahkan belum membuat assist. Tapi jangan remehkan pentingnya bagi Kroasia dari pesulap cilik yang membuat hal-hal terus berdetak di lini tengah dan berhasil menegaskan kontrol untuk tim yang berjuang hingga menit terakhir.

Pada tahun 2018, setiap pertandingan sistem gugur Kroasia masuk ke perpanjangan waktu sebelum tim kalah dari Prancis di final, dan hal yang sama terjadi di Qatar, dengan kemenangan adu penalti atas Jepang di babak 16 besar dan Brasil di perempat final.

Kroasia tampak lebih nyaman melawan Brasil daripada melawan Jepang, yang menunjukkan bahwa tim mungkin lebih senang mengundang tekanan dan memilih momennya untuk menyerang daripada mengontrol permainan dan lebih rentan terhadap serangan balik.

Menahan Messi akan menjadi kunci dan sebagian besar tanggung jawab terletak pada gelandang bertahan Marcelo Brozovic, yang melindungi pertahanan Kroasia dengan sangat baik melawan Brasil.

Argentina akan tanpa dua pemain karena skorsing: bek kiri Marcos Acuña dan bek kanan Gonzalo Montiel. Acuña adalah kehilangan yang lebih besar, tampil mengesankan sejak masuk ke tim setelah kalah dari Arab Saudi, dan dia kemungkinan besar akan digantikan oleh Nicolás Tagliafico. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home