Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 10:20 WIB | Senin, 21 Desember 2015

Serangan Militer Turki Tewaskan Lebih dari 100 Pemberontak Kurdi

Seorang perempuan berjalan melewati bangunan yang rusak selama operasi keamanan dan bentrokan antara pasukan keamanan Turki dan Kurdi militan, di kota tenggara Silvan di provinsi Diyarbakir, Turki, 7 Desember 2015. (Foto: Reuters)

DIYARBAKIR, SATUHARAPAN.COM – Bentrokan bersenjata pada hari Minggu terjadi di Turki tenggara, di mana pasukan Turki sangat intensif dalam sebuah operasi pada hari keenam kampanye bersenjata mereka. Sumber-sumber keamanan mengatakan bentrokan tersebut mengakibatkan 110 militan Kurdi tewas.

Aksi protes muncul di Istanbul dan Diyarbakir, kota terbesar di selatan timur negara itu, dengan ratusan orang berdemonstrasi menentang operasi militer. Polisi menembakkan gas air mata dan peluru plastik untuk membubarkan massa.

Sebagian besar pertempuran terjadi di Cizre dan Silopi, kota-kota dekat perbatasan Irak dan Suriah yang memberlakukan jam malam selama hampir satu minggu. Nusaybin dan Dargecit di provinsi perbatasan Mardin dan distrik Sur sejarah Diyarbakir juga tak luput dari pertempuran sengit tersebut.

Meskipun berakar di pedesaan, militan dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) telah mengalihkan fokus dalam beberapa tahun terakhir ke kota-kota dan kota-kota di tenggara, menggali parit dan menyiapkan barikade di jalanan untuk menjaga pasukan keamanan diri.

Sumber-sumber keamanan dan warga mengatakan sekitar 300 rumah di Cizre telah rusak karena bentrokan dan mortir siap ledak ditanam di dalam gedung.

Aliran listrik di banyak lingkungan di Silopi terputus karena transformator daya rusak. Makanan dan air minum menjadi langka, kata penduduk.

Dua tahun gencatan senjata antara Turki dan PKK runtuh pada bulan Juli. Akibatnya, menghancurkan pembicaraan damai dan menghidupkan kembali konflik yang telah melanda di wilayah tenggara kota itu terutama Kurdi selama tiga dekade.

"Kami tidak akan lelah," kata Perdana Menteri Ahmet Davutoglu dalam pidato untuk para pendukung partainya yang berkuasa. "Kami akan berjuang siang dan malam sampai semua gunung, kota, kabupaten dan lingkungan negara ini dibersihkan dari pusat teror."

Konvoi Militer

Sebanyak 10.000 polisi dan tentara yang didukung oleh tank saat ini sedang gencar melakukan operasi keamanan. Jumlah tersebut merupakan yang terbesar sejak akhir gencatan senjata.

Tank tersebut dikerahkan di bukit-bukit sekitar Cizre yang menargetkan PKK di dalam kota, sementara itu konvoi militer dari 30 kendaraan lapis baja menyerbu salah satu kabupaten.

Ratusan orang di Istanbul serta Diyarbakir dan timur kota Van turun ke jalan untuk memprotes operasi keamanan dan jam malam.

Polisi menembakkan gas air mata, meriam air dan peluru plastik untuk membubarkan kerumunan yang meneriakkan "Hidup Kurdistan" di Istanbul Taksim Square, kata Reuters. Beberapa orang di tiga kota ditahan.

Seorang tentara Turki terluka dalam bentrokan di Cizre Sabtu (19/12) telah meninggal karena luka-luka, kata sumber-sumber keamanan. Seorang tukang pos yang bekerja untuk perusahaan surat negara juga telah meninggal setelah militan PKK menyerang kendaraannya di jalan raya ke Sirnak, kata mereka.

PKK, yang meluncurkan pemberontakan pada tahun 1984, ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa. (Reuters)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home