Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:37 WIB | Senin, 17 Oktober 2022

Serangan Roket Hantam Kantor Walikota Donetsk Yang Pro Rusia

Penyelidik memeriksa lokasi setelah penembakan di dekat gedung administrasi, di Donetsk, ibu kota Republik Rakyat Donetsk, Ukraina timur, Minggu, 16 Oktober 2022. Menurut misi Republik Rakyat Donetsk (DPR) ke Pusat Pengendalian dan Koordinasi Bersama, enam amunisi 155mm ditembakkan ke Donetsk pada dini hari Minggu. (Foto: AP/Alexei Alexandrov)

KIEV, SATUHARAPAN.COM--Kantor wali kota di kota utama Ukraina timur yang dikendalikan oleh separatis pro Kremlin dihantam roket pada hari Minggu (16/10), menurut laporan badan-badan negara Rusia. Tidak ada laporan segera tentang korban.

Menurut kantor berita RIA Novosti, gedung kotamadya di Donetsk rusak parah akibat serangan itu, yang oleh otoritas separatis setempat dituding dilakukan oleh Ukraina.

Foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan kepulan asap berputar-putar di sekitar gedung, deretan jendela yang pecah dan langit-langit yang sebagian runtuh. RIA Novosti dan media lokal juga melaporkan bahwa tiga mobil yang diparkir di dekatnya terbakar akibat serangan tersebut.

Kiev tidak segera mengklaim bertanggung jawab atau mengomentari serangan itu.

Pihak berwenang separatis yang didukung Kremlin sebelumnya menuduh Ukraina melakukan banyak serangan terhadap infrastruktur dan target perumahan di wilayah pendudukan, seringkali menggunakan roket HIMARS jarak jauh yang dipasok Amerika Serikat, tanpa memberikan informasi yang menguatkan.

Pembunuhan di Latihan Militer Rusia

Serangan itu terjadi sehari setelah dua pria dari bekas republik Uni Soviet menembaki tentara sukarelawan selama latihan sasaran di lapangan tembak militer Rusia di dekat Ukraina, menewaskan 11 orang dan melukai 15 orang sebelum mereka sendiri dibunuh. Kementerian Pertahanan Rusia, yang melaporkan pembunuhan itu, menyebut insiden itu sebagai serangan teroris.

Insiden itu terjadi di tengah mobilisasi tergesa-gesa yang diperintahkan oleh Presiden Vladimir Putin untuk memperkuat pasukan Rusia di Ukraina di tengah serangkaian kemunduran medan perang setelah invasi bulan Februari. Panggilan itu memicu protes dan menyebabkan ratusan ribu orang melarikan diri dari Rusia.

Deportasi Paksa

Juga pada hari Sabtu, sebuah think tank yang berbasis di Washington terlambat menuduh Moskow melakukan "deportasi paksa besar-besaran terhadap warga Ukraina" yang katanya kemungkinan besar merupakan pembersihan etnis.

Dalam pembaruan online regulernya, Institute for the Study of War merujuk pernyataan yang dibuat pekan ini oleh otoritas Rusia, yang mengklaim bahwa "beberapa ribu" anak-anak dari wilayah selatan yang diduduki oleh Moskow telah ditempatkan di rumah peristirahatan dan kamp anak-anak di Rusia di tengah perang, sementara serangan balik Ukraina yang sedang berlangsung. Pernyataan asli oleh wakil perdana menteri Rusia, Marat Khusnullin, dilaporkan oleh lembaga berita negara RIA Novosti pada hari Jumat.

Institut itu juga mengatakan bahwa pihak berwenang Rusia “mungkin juga terlibat dalam kampanye pembersihan etnis yang lebih luas dengan mengurangi populasi wilayah Ukraina melalui deportasi dan mengisi kembali kota-kota Ukraina dengan warga Rusia yang diimpor,” yang melanggar hukum humaniter internasional.

Pihak berwenang Rusia sebelumnya secara terbuka mengakui menempatkan anak-anak dari wilayah yang dikuasai Rusia di Ukraina, yang mereka katakan adalah anak yatim piatu, untuk diadopsi dengan keluarga Rusia, dalam potensi pelanggaran perjanjian internasional utama tentang pencegahan genosida.

Konvensi Genosida 1948, yang diratifikasi oleh lebih dari 140 negara termasuk Ukraina dan Rusia, menyebutkan “memindahkan secara paksa anak-anak dari kelompok (target) ke kelompok lain” dalam definisi genosida.

Di tempat lain, militer Ukraina pada Minggu pagi menuduh pejuang pro Kremlin mengusir warga sipil di wilayah pendudukan untuk mengakomodasi petugas di Rusia, tindakan yang juga digambarkan sebagai pelanggaran hukum humaniter internasional.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan dalam pembaruan Facebook regulernya bahwa penggusuran terjadi di kota Rubizhne yang dikuasai Rusia, di wilayah Luhansk timur di mana Kyiv telah melakukan serangan balasan. Itu tidak memberikan bukti yang menguatkan untuk klaimnya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home