Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:05 WIB | Senin, 30 Agustus 2021

Serangan Udara AS Hancurkan Kendaraan ISIS Yang Membawa Bahan Peledak

Serangan Udara AS Hancurkan Kendaraan ISIS Yang Membawa Bahan Peledak
Orang-orang Afghanistan terlihat di dalam sebuah rumah setelah serangan pesawat tak berawak AS di Kabul, Afghanistan, hari Minggu, 29 Agustus 2021. Serangan pesawat tak berawak AS menghancurkan sebuah kendaraan yang membawa "beberapa pembom bunuh diri" dari afiliasi Negara Islam (ISIS) Afghanistan pada hari Minggu sebelum mereka dapat menyerang yang sedang berlangsung evakuasi militer di bandara internasional Kabul, kata para pejabat Amerika. (Foto: AP/Khwaja Tawfiq Sediqi)
Serangan Udara AS Hancurkan Kendaraan ISIS Yang Membawa Bahan Peledak
Milisi yang setia kepada Ahmad Massoud, putra mendiang Ahmad Shah Massoud, ambil bagian dalam latihan, di Provinsi Panjshir, Afghanistan timur laut, hari Minggu, 29 Agustus 2021. Lembah Panjshir adalah wilayah terakhir yang tidak berada di bawah kendali Taliban. (Foto: AP/Jalaluddin Sekandar)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat meledakkan sebuah kendaraan yang membawa "beberapa pembom bunuh diri" dari afiliasi Negara Islam (ISIS) Afghanistan pada hari Minggu (29/8) sebelum mereka dapat menyerang evakuasi militer yang sedang berlangsung di bandara internasional Kabul, kata para pejabat Amerika.

Seorang pejabat Afghanistan mengatakan tiga anak tewas dalam serangan itu. Serangan itu terjadi hanya dua hari sebelum AS akan mengakhiri pengangkutan udara besar-besaran selama dua pekan lebih dari 114.000 warga Afghanistan dan orang asing dan menarik pasukan terakhirnya, mengakhiri perang terpanjang Amerika dengan Taliban yang kembali berkuasa.

Sebuah pernyataan dari Komando Pusat AS mengatakan bahwa AS mengetahui laporan korban sipil dan sedang menilai hasil serangan itu. Kapten Angkatan Laut, William Urban, juru bicara Komando Pusat, mengatakan bahwa ledakan berikutnya "substansial dan kuat" dihasilkan dari penghancuran kendaraan, yang mungkin telah menyebabkan korban tambahan.

Departemen Luar Negeri AS merilis pernyataan yang ditandatangani oleh sekitar 100 negara, serta NATO dan Uni Eropa, mengatakan mereka telah menerima "jaminan" dari Taliban bahwa orang-orang dengan dokumen perjalanan masih dapat meninggalkan negara itu. Taliban mengatakan mereka akan mengizinkan perjalanan normal setelah penarikan AS selesai pada hari Selasa dan mereka mengambil alih kendali bandara.

Pejabat Afghanistan berbicara dengan syarat anonim karena masalah keamanan. Saksi-saksi serangan pesawat tak berawak mengatakan serangan itu menargetkan dua mobil yang diparkir di sebuah bangunan perumahan di dekat bandara, menewaskan dan melukai beberapa warga sipil. Para pejabat awalnya melaporkan serangan roket terpisah di sebuah gedung di dekat bandara, tetapi ternyata kejadiannya sama.

Menurut seorang pejabat senior AS, pesawat tak berawak militer AS menembakkan rudal Hellfire ke sebuah kendaraan di kompleks antara dua bangunan setelah beberapa orang terlihat memuat bahan peledak ke dalam bagasi. Pejabat itu mengatakan ada ledakan awal yang disebabkan oleh rudal, diikuti oleh bola api yang jauh lebih besar, yang diyakini sebagai hasil dari sejumlah besar bahan peledak di dalam kendaraan. AS percaya bahwa dua individu kelompok Negara Islam (ISIS) yang menjadi sasaran tewas.

Pejabat itu mengatakan tampaknya ledakan sekunder menyebabkan kerusakan signifikan pada salah satu bangunan di sebelah kendaraan. Pejabat itu berbicara dengan syarat anonim untuk membahas informasi tentang operasi militer.

Dina Mohammadi mengatakan keluarga besarnya tinggal di gedung itu dan beberapa dari mereka terbunuh, termasuk anak-anak. Dia tidak segera dapat memberikan nama atau usia almarhum.

Karim, seorang perwakilan distrik, mengatakan serangan itu menyulut api yang menyulitkan penyelamatan orang. "Ada asap di mana-mana dan saya membawa beberapa anak dan wanita keluar," katanya.

Ahmaduddin, seorang tetangga, mengatakan dia telah mengumpulkan mayat anak-anak setelah serangan, yang memicu lebih banyak ledakan di dalam rumah. Seperti banyak orang Afghanistan, kedua pria itu masing-masing menggunakan satu nama. “Kami sangat sedih dengan potensi hilangnya nyawa yang tidak bersalah,” kata Urban.

Sebelumnya pada hari itu, Urban mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa AS yakin bahwa rudal itu berhasil mengenai sasaran. Dan dia mengatakan bahwa ledakan sekunder yang besar menunjukkan adanya "sejumlah besar bahan peledak" di dalam kendaraan.

Serangan itu terjadi dua hari setelah serangan bunuh diri ISIS di luar bandara menewaskan sedikitnya 169 warga Afghanistan dan 13 anggota militer AS. AS melakukan serangan pesawat tak berawak di tempat lain di negara itu pada hari Sabtu yang dikatakan menewaskan dua anggota ISIS.

Presiden Joe Biden telah bersumpah untuk melanjutkan serangan udara, dengan mengatakan pada hari Sabtu bahwa serangan lain "sangat mungkin terjadi." Departemen Luar Negeri menyebut ancaman itu "spesifik" dan "kredibel."

Ekstremis Sunni ISIS, yang memiliki hubungan dengan afiliasi kelompok yang lebih terkenal di Suriah dan Irak, telah melakukan serangkaian serangan, terutama menargetkan minoritas Muslim Syiah Afghanistan, termasuk serangan tahun 2020 di sebuah rumah sakit bersalin di Kabul yang menewaskan wanita dan wanita. bayi baru lahir.

Taliban telah berperang melawan afiliasi ISIS di masa lalu dan telah berjanji untuk tidak membiarkan Afghanistan menjadi basis serangan teror. Invasi pimpinan AS pada tahun 2001 datang sebagai tanggapan atas serangan 9/11, yang direncanakan dan dieksekusi Al-Qaeda saat dilindungi oleh Taliban. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home