Loading...
INSPIRASI
Penulis: Sahat Martin Sinurat 01:00 WIB | Selasa, 25 Oktober 2016

Seribu Jalan ke Roma

Tentukan tujuan sebelum melangkah!
Banyak jalan (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – ”Banyak jalan menuju Roma.” Pepatah ini sering kita dengar. Penjelasannya, ada banyak kemungkinan dan cara untuk mencapai target atau tujuan kita. Bahkan, ada yang mengatakan: ”Ada seribu jalan ke Roma.” Oleh karena itu, jangan pernah menyerah jika gagal di satu kemungkinan.

Kita pasti puas dengan kesimpulan pepatah ini. Ada seribu jalan, seribu cara, seribu kemungkinan dan kesempatan. Fokus kita tertuju kepada frasa ini. Kita lupa ada dua kata penting yang membuat pepatah ini menjadi utuh dan bermakna: menuju Roma.

Pepatah ini tidak lengkap jika hanya ”banyak jalan” atau ”ada seribu jalan”. Ada seribu jalan, tetapi jalan ke mana? Seribu, bahkan jutaan jalan tidak ada gunanya jika kita tidak menetapkan tujuan: Roma.

Jelaslah, apa target kita. Dan kita dapat melakukan perjalanan dengan tujuan. Tanpa tujuan, kita hanya akan berjalan dengan sia-sia, tidak tentu arah, menghabiskan waktu untuk hal yang tidak berguna.

Berjalan dengan tujuan adalah hal mutlak yang harus kita lakukan. Dalam perusahaan, organisasi, pemerintahan, bahkan kehidupan pribadi, kita harus menetapkan tujuan agar mampu menentukan jalan dan melangkah untuk menjalaninya. Tujuan adalah hal yang penting dan harus ditetapkan sedari awal sebelum kita melangkah dan menetapkan jalan.

Pernahkah kita menyaksikan gelanggang maraton? Akan berlari ke manakah para pelari jika mereka tidak mengetahui garis akhir mereka? Atau adakah perusahaan yang berhasil tanpa menentukan terlebih dahulu target pencapaian mereka setiap tahunnya?

Tanpa tujuan, perusahaan, organisasi, pemerintahan, ataupun kehidupan pribadi kita tidak akan pernah dapat berjalan mencapai hal yang lebih baik. Bahkan berjalan tanpa tujuan justru dapat membawa kita pada kehancuran. Banyak perusahaan, organisasi, dan pemerintahan yang mandek, mundur, bahkan hancur karena tidak mampu menentukan tujuan yang jelas dan spesifik.

Roma adalah sebuah tujuan sehingga kita dapat memikirkan seribu kemungkinan untuk mencapainya. Begitu pula kita butuh tujuan dalam kehidupan kita agar kita dapat melangkah dengan pasti dan berupaya mencapai tujuan itu. Tentunya dengan berbagai macam kemungkinan.

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home