Loading...
BUDAYA
Penulis: Bayu Probo 07:42 WIB | Rabu, 12 Februari 2014

Shirley Temple, Bintang Cilik yang Jadi Diplomat, Meninggal pada Usia 85 Tahun

Shirley Temple di masa terkenal. (Foto: euronews.com)

CALIFORNIA, SATUHARAPAN.COM – Shirley Temple, dikenal sebagai bintang cilik Hollywood era 30-an, meninggal di usia 85, keluarganya mengatakan pada Selasa (11/2) pagi. Ia juga dikenal sebagai diplomat. Temple meninggal—dikelilingi keluarga terkasih—karena sebab alami.

Lahir dengan nama Shirley Jane Temple pada 23 April 1928, karier yang bervariasi membawa dia aktris, penyanyi, dan penari di televisi dan layar perak lalu diangkat menjadi duta besar Amerika Serikat (AS) untuk Ghana dan Cekoslovakia.

Temple memulai karier filmnya pada 1932 di usia tiga tahun, dan pada tahun 1934 menemukan ketenaran internasional di Bright Eyes. Dia menerima penghargaan khusus Juvenile Academy Award di Februari 1935 untuk kontribusi luar biasa sebagai seorang muda di dunia perfilman sebelum membintangi film hits seperti Curly Top dan Heidi selama pertengahan ke akhir 30-an. Dia terpilih sebagai daya tarik box-office dalam jajak pendapat Motion Picture Herald selama empat tahun berturut-turut (1935-1938). Beberapa pengamat percaya dia memuncak terlalu cepat, kualitas bintangnya di box office menurun saat ia mencapai masa remaja dan ia pensiun sepenuhnya dari film pada tahun 1950 pada usia 22.

Temple kembali ke bisnis pertunjukan pada 1958 dalam serangkaian antologi televisi adaptasi dongeng. Dia membuat penampilan tamu di acara televisi pada awal tahun 1960 dan memfilmkan suatu proyek pilot sitkom yang tidak pernah dirilis. Dia duduk di dewan perusahaan dan organisasi termasuk The Walt Disney Company, Del Monte Foods, dan National Wildlife Federation.

Pada  1967, ia menjajal menjadi anggota Kongres Amerika Serikat, tapi gagal. Dan, ia diangkat menjadi Duta Besar Amerika Serikat untuk Ghana pada 1974 dan Cekoslovakia pada 1989. Pada tahun 1988, ia menerbitkan autobiografinya, Child Star. Temple adalah penerima penghargaan dan kehormatan termasuk Kennedy Center Honors dan Screen Actors Guild Hidup Achievement Award.

Dia ada nomor 18 pada daftar American Film Institute legenda terbesar perempuan layar lebar sepanjang masa Amerika Serikat. (euronews.com/cnn.com/dailytribune.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home