Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 09:00 WIB | Jumat, 01 November 2013

Sidang WCC: Tahun Depan, Kereta Perdamaian Meluncur Lagi

Rombongan sampai di Busan setelah 20 hari. (Foto: Joanna Lindén-Montes)

BUSAN, SATUHARAPAN.COM – “Mereka datang, mereka datang,” teriak seorang perempuan muda, saat melihat kereta menyusuri platform 6 di Stasiun Busan. Ketika pintu kereta terbuka, orang-orang turun dengan koper besar. Mereka tampak lelah—namun sangat senang pada saat yang sama. Mereka telah melakukan perjalanan dari Berlin ke Busan, 20 hari. Dari Eropa ke Asia. Tujuan mereka: Mengirim sinyal menentang pembagian Korea  dan untuk perdamaian di negara yang telah terbelah selama 63 tahun. Tahun ini tidak dapat mengunjungi Pyongyang, tahun depan direncanakan lagi.

Kereta Perdamaian, demikian projek itu disebut, merupakan bagian dari inisiatif perdamaian dari Dewan Nasional Gereja-Gereja di Korea yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran atas pemisahan Asia Timur yang terus berlanjut dan untuk mengampanyekan reunifikasi negaranya. Sekitar 120 peserta menempuh jarak sekitar 10.500 kilometer perjalanan ke Sidang Raya ke-10 Dewan Gereja Dunia yang berlangsung di Busan dari 30 Oktober-8 November. Projek ini didukung oleh beberapa organisasi gereja nasional.

Salah satu penumpang yang tiba di Busan pada Senin malam adalah Daniel Jung. Warga Jerman umur  29 tahun yang ikut perjalanan sejak dari Berlin. Tahun lalu, ia menyelesaikan kerja praktik di luar negeri sebagai vikaris di Seoul. Saat itu, ia membantu Dewan Nasional Gereja-Gereja di Korea mempersiapkan perjalanan. Yang terutama membuatnya terkesan adalah bahwa tidak hanya warga Korea, tapi orang-orang dari 16 negara di semua, mengambil bagian dalam perjalanan. “Itu luar biasa untuk melihat berapa banyak orang di seluruh dunia yang tertarik dalam situasi di Korea dan bersedia melakukan sesuatu untuk mempromosikan reunifikasi.” Para peserta berusia antara 19 dan 77 dan datang dari jauh seperti Brasil, Ethiopia, Indonesia, dan Nigeria.

Sebuah perjalanan yang hanya sekali terjadi dalam hidup Anda

Rute awalnya dimulai dari Berlin—sebagai simbol unifikasi Jerman—melalui Moskow dan Irkutsk ke Beijing. Dalam dua rangkaian, peserta, yang juga melaporkan pada projek di Facebook, pertama mengambil jalur Berlin—Moskow Express, naik Trans-Siberian Railway. Kemudian, mereka ikut dalam Trans-China Railway. Saat berhenti di Moskow, Irkutsk, dan Beijing, mereka bertemu dengan perwakilan gereja lokal. “Ada hal-hal lebih mudah dilakukan daripada hidup dalam ruang yang sangat sempit selama tiga minggu,” kata Jung tentang perjalanannya seraya terbahak. Namun, hal itu tidak mengganggunya. “Sangat menyenangkan untuk bisa mengenal begitu banyak orang dengan cerita-cerita kehidupan yang berbeda untuk memberi tahu dan dari bangsa yang beragam tersebut dan berbagai denominasi agama,” katanya. “Ini adalah perjalanan Anda hanya terjadi sekali dalam hidup Anda. "

Setelah peserta tiba di Beijing, panitia telah merencanakan mereka melakukan perjalanan ke ibukota Korea Utara Pyongyang dengan pesawat. Mereka berharap mendapat lampu hijau dari Korea Utara hingga menit akhir—tapi itu tidak datang. Akhirnya, para peserta bepergian dengan kereta api ke kota Dandong Cina, yang terletak di perbatasan dengan Korea Utara, dan di sana mereka mengadakan kebaktian dengan masyarakat China, juga termasuk warga Korea Utara. Mereka kemudian mengambil feri ke pelabuhan Incheon, Korea Selatan, dan mereka melanjutkan perjalanan bus ke Seoul. Rombongan menyelesaikan tahap terakhir, Seoul-Busan  dengan kereta api lagi. Para peserta tidak kecewa jika tidak mampu melakukan perjalanan ke Pyongyang. “Perjalanan ini adalah inisiatif awal,” kata Jung. Meskipun perjalanan berakhir Selasa dengan kebaktian penutup, “komitmen kami akan terus berlanjut,” ia menambahkan.

Banyak peserta akan mengambil bagian dalam Sidang Raya Dewan Gereja-gereja Dunia di Busan dalam beberapa hari mendatang, setelah itu mereka akan kembali ke rumah. Para inisiator Kereta Perdamaian sudah berpikir ke depan. Mereka berencana membuat perjalanan lagi tahun depan—dan, jika mungkin, ke Pyongyang juga.

Dewan Gereja-gereja Dunia mempromosikan persatuan umat Kristen dalam iman, kesaksian dan pelayanan bagi dunia yang adil dan damai. Sebuah persekutuan ekumenis gereja-gereja yang didirikan pada 1948, pada akhir 2012, WCC memiliki 345 sinode gereja yang mewakili lebih dari 500 juta orang Kristen dari gereja Protestan, Ortodoks, Anglikan dan tradisi lainnya di lebih dari 110 negara. WCC bekerja kooperatif dengan Gereja Katolik Roma. Sekretaris Umum WCC adalah Pdt Dr Olav Fykse Tveit, dari Gereja Lutheran Norwegia. (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home