Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:51 WIB | Rabu, 08 Januari 2020

Sikap Arab Saudi dan Israel dalam Konflik AS-Iran

Menteri Energi Israel, Yuvan Steinitz. (Foto: dari Reuters)

RIYADH, SATUHARAPAN.COM-Wakil Menteri Pertahanan Arab Saudi mengatakan pada hari Selasa (7/1) bahwa ia telah bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dan membahas upaya bersama untuk menghadapi tantangan regional dan internasional, pada saat meningkatnya ketegangan antara AS-Iran.

Pangeran Khalid bin Salman itu juga mengatakan dalam sebuah posting Twitter yang dikutip Reuters bahwa ia telah menyampaikan pesan dari Putra Mahkota, Mohammed bin Salman, ketika bertemu dengan Trump pada hari Senin (6/1), tanpa memberikan rincian.

Pangeran Khalid, putra Raja Salman, juga bertemu dengan menteri pertahanan dan pemimpin negara bagian AS dalam perjalanan yang dijadwalkan setelah pembunuhan seorang komandan militer Iran dalam serangan udara oleh AS di Baghdad.

Pada hari Selasa (7/1), dia mengatakan telah bertemu di London dengan David Quarrey, penasihat urusan internasional perdana menteri Inggris dan wakil penasihat keamanan nasional, untuk membahas perkembangan regional dan internasional.

Washington dan London adalah sekutu penting bagi Riyadh, yang terikat dalam konflik dengan Teheran dalam persaingan supremasi regional.

Sikap Israel

Agak berbeda dengan Israel yang tampaknya berusaha menjauh dari konflik antara sekutu dekatnya, AS dan musuh bebuyutannya, Iran. Israel mengatakan dengan tidak jelas apakah Teheran telah meninggalkan pembatasan pengayaan uranium, yang berarti negara itu berada di jalur menuju pengembangan senjata nuklir.

Komentar Israel yang tidak biasa tentang Iran, menurut Reuters, muncul setelah kabinet keamanan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bertemu pada hari Senin (6/1) di tengah kekhawatiran atas pembalasan Iran atas serangan AS di Baghdad pada hari Jumat (3/1) yang menewaskan Qassem Soleimani, komandan militer paling terkenal Iran.

Ketika ditanya di Radio Israel apakah Iran sedang dalam perjalanan menuju pembuatan bom atom, Menteri Energi Israel, Yuval Steinitz, salah satu orang terdekat Netanyahu dan anggota kabinet keamanan, mengatakan: "Masih terlalu dini untuk mengatakan."

Iran sendiri membantah berusaha membangun senjata nuklir. Pada hari Minggu (5/1) Iran mengatakan bahwa pihaknya akan meninggalkan pembatasan pengayaan uranium, yang dapat digunakan untuk membuat hulu ledak senjata nuklir.

Iran telah melanggar banyak pembatasan dan kesepakatan dengan kekuatan dunia yang dirancang untuk mengekang program nuklirnya, yang disepakati pada 2015. AS juga meninggalkan kesepakatannya pada 2018, dan kemudian meluncurkan serangan sanksi ekonomi dan keuangan.

Namun Iran juga mengatakan pada hari Minggu bahwa pihaknya akan terus bekerja sama dengan pengawas nuklir AS, dan dapat membalikkan langkah-langkahnya jika sanksi AS dihapus.

Steinitz mengulangi janji Netanyahu bahwa Israel tidak akan pernah membiarkan Iran membangun persenjataan nuklir, garis yang ditetapkan dengan tegas oleh Trump.

Tentang tindakan apa yang harus dilakukan Israel, Steinitz mengatakan: "Ada ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat dan kami tidak terlibat, jadi saya tidak ingin mengaitkannya. Kami berdiri di sela-sela dan mengamati peristiwa."

Senjata Nuklir

Netanyahu telah lama mengatakan kesepakatan nuklir tidak akan mencegah Teheran mendapatkan bom itu, dan dia di masa lalu mengulurkan opsi serangan sepihak terhadap Iran untuk mencegah hal ini.

Tetapi ia dan sebagian besar mundur secara publik dari garis tersebut setelah kesepakatan nuklir ditandatangani, dengan fokus pada mendorong perjanjian agar dibatalkan dan sanksi dipulihkan.

Israel secara luas diyakini memiliki persenjataan nuklir, tetapi menurun dalam beberapa dekade untuk mengonfirmasi atau menyangkalnya. Dalam pembicaraan hari Minggu, Netanyahu keseleo lidah dan menggambarkan Israel sebagai kekuatan nuklir sebelum mengoreksi dirinya dengan senyum malu.

Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran mengatakan pada hari Selasa (7/1) bahwa Teheran sedang mempertimbangkan 13 "skenario balas dendam" atas pembunuhan Soleimani.

Pada hari Senin, Kedutaan Besar AS di Yerusalem mengeluarkan peringatan keamanan bagi warga Amerika di Israel dan wilayah Palestina dengan alasan kemungkinan serangan roket, tanpa menyebut Iran.

Bocoran dari pertemuan kabinet keamanan Israel menyebutkan para pejabat intelijen Israel yang tidak dikenal mengatakan bahwa kemungkinan serangan Iran terhadap Israel adalah rendah.

Israel juga telah berkonflik dengan Iran dalam beberapa tahun terakhir karena kehadiran milisi pro-Iran di Suriah, setelah bertempur melawan pasukan Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon pada tahun 2006. Israel telah sering menyerang pasukan-pasukan itu di Suriah dan bertekad untuk mencegah kehadirannya secara permanen.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home