Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 09:25 WIB | Jumat, 30 Desember 2016

Singapura Deportasi Dua Warga Indonesia yang Ingin ke Suriah

Ilustrasi: Tenaga kerja Indonesia di luar negeri. (Foto: Dok satuharapan.com)

SINGAPURA, SATUHARAPAN,COM - Singapura mendeportasi dua warga Indonesia pada Selasa (27/12), setelah salah satu di antaranya terbukti berencana pergi ke Suriah, kata Kementerian Dalam Negeri Singapura.

Dua warga Indonesia dideportasi ke Indonesia setelah diketahui bahwa salah satunya bermaksud pergi ke Suriah melalui Singapura dengan bantuan orang kedua, kata seorang juru bicara dari Kementerian Dalam Negeri pada Kamis (29/12).

Sejumlah media setempat menyebutkan bahwa keduanya, seorang laki-laki dan perempuan, diduga memiliki hubungan dengan ISIS. Klaim tersebut dibantah oleh otoritas Indonesia.

“Kami sudah menanyai mereka dan sepertinya mereka tidak ingin bergabung dengan ISIS. Mereka hanya tenaga kerja ilegal,” ujar Sam Budigusdian, kepala kepolisian Kepulauan Riau, kepada AFP.

Perempuan itu sebelumnya bekerja sebagai asisten rumah tangga di Suriah dan ingin kembali ke sana untuk bekerja, sementara laki-laki yang mendampinginya tersebut adalah seorang agen ilegal yang membantunya masuk ke sana dengan cara yang melawan hukum.

“Dia ingin kembali (ke Suriah) untuk bekerja sebagai asisten rumah tangga, melalui seorang agen ilegal, karena menggunakan jasa agen ilegal biayanya lebih murah,” dia menambahkan. (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home