Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 20:01 WIB | Senin, 08 Juni 2015

Singapura Naikkan Bendera Setengah Tiang bagi Korban Gempa Kinabalu

Ilustrasi bendera Singapura dikibarkan setengah tiang di sebuah bangunan di Singapura.(Foto: channelnewsasia.com).

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Singapura menginstruksikan warganya mengibarkan bendera setengah tiang di semua bangunan pemerintah. Seperti tertuang di channelnewsasia.com, Senin (8/6) menyebut instruksi dari Perdana Menteri Lee Hsien Loong bertujuan menunjukkan duka cita nasional Singapura menysul dua warga negara yang masih menjadi korban gempa di Sabah, Malaysia.

Perdana Menteri Lee Hsien Loong menyebut Senin (8/6) sebagai Hari Peringatan Negara, karena sebanyak enam murid dan seorang guru Sekolah Dasar Tanjong Katong, Singapura serta pemandu wisata yang mengiringi rombongan pelajar itu - terbunuh dalam tragedi gempa di Gunung Kinabalu pada Jumat (5/6) lalu.

Pada pukul 9.00 pagi tadi, jenazah salah seorang murid itu, Ameer Ryyan Mohd Adeed Sanjay dan pemandu mereka, Muhammad Daanish Amran, disolatkan di Masjid Ba'alwie.

Turut hadir di masjid itu ialah Menteri Penanggung Jawab Urusan Keagamaan Islam Singapura, Yaacob Ibrahim, Menteri Pendidikan Heng Swee Keat, Anggota Parlimen Zainal Sapari, Menteri Urusan Luar merangkap Undang-Undang K Shanmugam dan Setiausaha Parlimen Kanan, Hawazi Daipi.

Saat ini pemerintah pusat sedang melaksanakan operasi pencarian seorang murid, Navdeep Singh Jaryal Raj Kumar, dan seorang guru, Mohammad Ghazi Mohamed.

Para murid dan guru tersebut merupakan bagian dari  29 pelajar dan pengajar Sekolah Rendah Tanjong Katong yang berada di Gunung Kinabalu untuk berdarmawisata.

Sementara itu beberapa atlet, ofisial dan suporter yang masih berlaga di ajang olah raga negara-negara Asia Tenggara SEA Games Singapura melakukan kegiatan mengheningkan cipta bagi tragedi yang berlangsung di Malaysia tersebut.

Beberapa acara olahraga di negara itu menyempatkan untuk mengheningkan cipta di tengah hari peringatan nasional setelah jumlah korban tewas dari Singapura diketahui pada Minggu.

Korban tersebut tengah dalam kunjungan sekolah ke tujuan pendakian terkenal di Malaysia ketika gempa berkekuatan enam Skala Richter (SR) menghantam pada Jumat, menjatuhkan bebatuan dan menyebabkan tanah longsor.

Sekitar 18 acara olahraga dijadwalkan akan digelar dalam SEA Games Asia Tenggara pada Senin, dengan acara mengheningkan cipta secara terpisah akan dilakukan di setiap tempat sebelum dimulainya kompetisi. (channelnewsasia.com/Ant).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home