Loading...
RELIGI
Penulis: Doni Setyawan 19:24 WIB | Jumat, 13 Desember 2013

Sinode GKJ dan Kemen LH Sosialisasi Eco-Church

SALATIGA, SATUHARAPAN.COM - Sinode gereja-gereja Kristen Jawa (GKJ) bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) mengadakan sosialisasi Eco-Church yang diselenggarakan di lingkungan kantor sinode GKJ Salatiga Jawa Tengah pada (12-13/12). Beberapa hal yang hendak dijadikan sasaran lokakarya adalah bagaimana memanfaatkan sampah, meminimalisasi penggunaan bahan-bahan plastik dan penggunaan energi alternatif seperti tenaga surya.
 
Dalam ibadah pembukaan yang dipimpin oleh Pdt.Saryoto, S.Th, peserta disadarkan kembali betapa relasi antara alam semesta dengan manusia yang tidak dapat dipisahkan. Karena tidak dapat dan tidak mungkin dipisahkan maka semestinya manusia mampu dan berani mengambil sikap untuk memelihara bumi.
 
Dalam sambutan pembukaannya, Pdt. Simon Juliyanto,S.Th,M.Si,  mengingatkan bahwa tugas memelihara lingkungan adalah tugas bersama, seperti kata sinode syn hodos, berjalan bersama. Drs. Tri Bangun Laksana, Staff kementerian menyampaikan apresiasinya akan kerja yang dilakukan sinode GKJ yang telah berani berkomitmen memelihara lingkungan.
 
Lokakarya akan menghadirkan beberapa pembicara, untuk lingkungan, pertanian dan pembangunan akan dipandu oleh Prof. Dr. Soni Heru P  yang adalah dekan Fakultas Pertanian UKSW. Sementara Pdt. Simon Julianto,S.Th,M.Si sebagai sekum GKJ akan berbicara dalam presentasi tentang implementasi gereja dan ekologi. Peserta lokakarya ini adalah gereja-gereja di lingkungan sinode GKJ dan lembaganya juga utusan gereja dari seluruh klasis di Sinode GKJ.
 
Pada akhir lokakarya ini, akan dibagikan masing masing peserta satu pohon untuk di tanam. Dalam lokakarya ini juga akan ada pelatihan pembuatan biopori (media resapan air) sekaligus contoh-contoh biopori, pengelolaan sampah dan petunjuk-petunjuk berupa stiker yang berisi himbauan tidak menggunakan bahan yang sulit diurai oleh alam. Juga akan diresmikan kerjasama antara sinode GKJ dengan Kementrian Lingkungan Hidup (KLH).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home