Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 21:30 WIB | Kamis, 27 April 2017

Sistem Anti Rudal AS Segera Siap Beroperasi di Korsel

Kapal selam bertenaga nuklir Amerika Serikat USS Michigan mendekati kota pelabuhan Busan, 25 April 2017. Korea Utara pada 25 April merayakan hari jadi angkatan bersenjatanya dengan menggelar latihan militer, lapor media, bersamaa dengan pengumuman latihan gabungan armada Korea Selatan dengan kapal induk AS di tengah ketegangan ambisi nuklir Korea Utara. (Foto: AFP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Sebuah sistem pertahanan rudal yang sudah mulai dipasang Amerika Serikat (AS) di Korea Selatan (Korsel) akan siap beroperasi dalam beberapa hari ke depan, kata seorang laksamana AS pada hari Rabu (26/4).

Tentara AS mulai mengirimkan sistem Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) untuk dipasang di sebuah bekas lapangan golf di selatan wilayah Seongju pada Rabu pagi.

THAAD “akan siap beroperasi dalam beberapa hari ke depan dan bisa membela Korea Selatan dengan lebih baik dalam melawan ancaman Korea Utara,” kata Laksamana Harry Harris, kepala Komando Pasifik, kepada legislator.

Harris juga mengatakan militer AS sedang mempertimbangkan apakah mereka perlu memasang pencegat rudal baru di Hawaii, yang bisa menjadi salah satu bagian pertama dari AS yang berada dalam jangkauan rudal Korea Utara.

“Saya menyarankan kami memasang pencegat di Hawaii,” katanya kepada House Armed Services Committee.

Kementerian Pertahanan Seoul mengatakan sebelumnya pada Rabu bahwa militer berharap bisa mengamankan “kemampuan operasional THAAD sesegera mungkin,” dengan target memasang baterai secara penuh pada akhir tahun ini.

Washington dan Seoul sepakat untuk meluncurkan THAAD pada Juli menyusul serangkaian uji coba rudal Korea Utara. (AFP)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home