Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:55 WIB | Sabtu, 18 Februari 2023

Dubes Rusia di Inggris: Rusia Siap untuk Pembicaraan Damai dengan Ukraina

Duta Besar Rusia untuk Inggris, Andrei Kelin, berpose di dalam kediaman Duta Besar Rusia, usai wawancara dengan Reuters, di London, Inggris, pada 20 Mei 2021. (Foto: dok. Reuters)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Rusia siap untuk pembicaraan damai kapan saja, kata utusan Rusia untuk Inggris, Andrei Kelin, kepada Al Arabiya dalam sebuah wawancara pada hari Kamis (16/2).

“Pembicaraan damai dimulai pada April tahun lalu, tetapi kemudian Amerika Serikat dan Inggris memutuskan bahwa Ukraina harus berperang dan mereka menghentikan pembicaraan damai, dan presiden Ukraina telah membuat keputusan bahwa tidak akan ada pembicaraan damai. Ini tidak bisa kami mengerti,” kata Kelin.

Pada bulan Desember, Presiden Rusia, Vladimir Putin, menyarankan kemungkinan mengadakan pembicaraan damai, yang pada saat itu diberhentikan oleh Kiev sebagai siasat menyusul pemboman berkelanjutan terhadap jaringan energi Ukraina.

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) akan memberikan suara pekan depan pada rancangan resolusi yang menekankan “kebutuhan untuk mencapai, sesegera mungkin, perdamaian yang komprehensif, adil dan abadi” sejalan dengan Piagam PBB.

Resolusi itu mengulangi tuntutannya agar Moskow menarik pasukannya dan menyerukan penghentian permusuhan. Majelis Umum yang beranggotakan 193 orang kemungkinan akan memberikan suara pada hari Kamis depan setelah dua hari pidato oleh puluhan negara untuk menandai peringatan 24 Februari dimulainya perang.

“Ukraina telah menjadi bahaya nyata bagi Rusia,” klaim Duta Besar Kelin. “Itu memiliki potensi militer yang besar, dan kita harus mengurangi potensi ini. Kami ingin menjadikan Ukraina negara yang normal, di mana semua bangsa hidup dalam kondisi yang sama,” katanya.

Menjelang peringatan satu tahun perang di Ukraina, “operasi militer khusus” – nomenklatur yang lebih disukai Rusia untuk invasinya – akan berlanjut sampai “kita mencapai tujuan kita,” kata Kelin.

“Tujuan bersama adalah untuk menghentikan diskriminasi dan pembunuhan orang Rusia,” tambahnya. Putin sedang dalam misi untuk "mendenazifikasi" Ukraina sekaligus menuduh negara-negara Barat mengobarkan "perang proksi" melawannya dengan mempersenjatai Ukraina dan menjatuhkan sanksi pada Moskow.

“Kami telah menghancurkan semua tank yang pernah ada di Ukraina sebelumnya, kami telah menghancurkan semua tank yang telah dikirim dari berbagai negara… dan kami akan menghancurkan tank baru saat mereka tiba, serta jet,” kata Kelin.

Negara-negara Barat yang telah memberi Ukraina senjata sejauh ini menolak untuk mengirim jet tempur atau senjata jarak jauh yang mampu menyerang jauh di dalam Rusia.

Ini tidak menghentikan Ukraina untuk berbagi daftar belanja jet tempur, rudal jarak jauh, dan tank berat. Inggris telah menawarkan untuk melatih pilot Ukraina dengan jet Barat, sementara Polandia dan Slovakia sedang mempertimbangkan untuk mengirim lebih banyak pesawat tempur Mig-29 rancangan Soviet yang sudah digunakan Kiev.

Sekutu Ukraina khawatir bahwa pengerahan jet tempur canggih Barat akan memicu eskalasi lebih lanjut oleh Moskow dan berisiko menimbulkan konflik terbuka antara NATO dan Rusia.

Rusia melancarkan serangan besar-besaran di seluruh Ukraina pada hari Kamis menggunakan drone dan rudal, menghantam infrastruktur kritis dan menggunakan balon – sebuah langkah yang oleh pejabat Ukraina disebut sebagai taktik pengalih perhatian. Sedikitnya satu orang tewas dalam serangan itu.

“Garis depan sekarang kurang lebih stabil, tetapi kita harus mendapatkan lebih banyak karena Donetsk tidak sepenuhnya terkendali,” kata diplomat Rusia itu.

Wilayah Luhansk dan Donetsk membentuk Donbas, jantung industri Ukraina, yang sekarang sebagian ditempati oleh Rusia, menurut laporan.

Upaya utama Rusia adalah serangan artileri dan darat di kota Bakhmut, di Donetsk, Reuters melaporkan pada hari Kamis. Analis militer Ukraina mengatakan pasukan Rusia telah melancarkan beberapa serangan yang gagal di desa-desa di utara dan selatan Bakhmut selama beberapa hari terakhir. (Al Arabiya/Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home