Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:56 WIB | Rabu, 18 Desember 2013

Snowden Mencari Suaka di Brasil dan Siap Bantu Selidiki Kegiatan Mata-mata AS

Edward Snowden. (Foto: dok.)

SAO PAULO, SATUHARAPAN.COM - Mantan intelijen Amerika Serikat yang membocorkan rahasia kativitas intelijen AS, Edward Snowden, berencana mencari suaka politik di Brasil. Dia menawarkan dengan membantu menyelidiki kegiatan mata-mata AS di negeri, kata sebuah surat kabar si Brasil, Selasa (17/12).

Mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional (NSA) AS itu menyatakan kesediaannya untuk membantu penyelidikan yang dilakukan senat Brasil, seperti dinyatakan  dalam sebuah "surat terbuka kepada rakyat Brasil" yang diterbitkan di Folha de Sao Paulo.

Dalam surat tersebut, Snowden, yang memegang suaka sementara di Rusia, mengatakan bahwa sebelum dia memperoleh suaka permanen, pemerintah AS akan terus mengganggu kemampuannya untuk berbicara.

Snowden, dengan mengunduh "gunungan" dokumen rahasia sambil bekerja sebagai kontraktor intelijen untuk NSA, telah mengungkapkan sebuah program NSA yang luas yang berisi informasi dari panggilan telepon dan email di seluruh dunia, termasuk di Brasil.

Snowden tidak secara langsung meminta suaka dalam pernyataan di surat itu, tapi Folha mengatakan tujuannya adalah untuk datang ke Brasil, seperti dikutip dari wartawan Glenn Greenwald, yang berbasis di Brasil dan telah banyak menulis tentang dokumen yang dirilis oleh Snowden. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home