Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 19:44 WIB | Selasa, 10 Februari 2015

Soal Mobnas, Gaikindo: Kami Ikut Pemerintah Saja

Ketua Umum Gaikindo Sudirman MR. (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kabar seputar bangkitnya mobil nasional (mobnas) Indonesia sempat menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Namun, pihak Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melalui Ketua Umumnya Sudirman MR mengatakan bahwa pihaknya akan mengikuti apa yang menjadi kebijakan pemerintah Indonesia.

“Dari Gaikindo sendiri sih silakan saja, apakah itu diperlukan mobnas seperti apa. Karena kami akan mendukung dan mengikuti ketetapan dari pemerintah,” kata dia usai menggelar jumpa pers di Empirico kawasan SCBD Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (10/2).

Sudirman tidak mau terlalu banyak komentar soal mobnas yang menjadi pro dan kontra tersebut.

“Saya tidak siap berkomentar saat ini, sebab memang bukan kewenangan kami dari Gaikindo dan itu pemerintah yang meregulator dan menetapkan. Pemerintah yang mengeluarkan ketetapannya ya kami Gaikindo mengikuti.”

Namun, pihak Gaikindo akan memberikan masukan jika dibutuhkan seperti kriteria mobnas itu sendiri. Ketika ditanya lebih lanjut mengenai kriteria mobnas, Sudirman tidak mau menyebutkan secara rinci.

“Kriteria mobnas, saya tidak mau berkomentar karena belum jelas. Namun secara global, sekarang yang digunakan untuk mobnas yang diminati masyarakat, seperti ramah lingkungan, hemat bahan bakar, harganya ya harus terjangkau,” kata dia.

Dia juga berharap jika pemerintah akan mengeluarkan peraturan tentang mobil nasional, Gaikindo bisa diajak untuk duduk bersama membahas dan memberikan masukan.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home