Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:52 WIB | Senin, 22 Agustus 2022

Siapa Alexander Dugin, Ultra Nasionalis Rusia Yang Dekat dengan Putin?

Politolog Rusia Alexander Dugin memberi isyarat saat ia berbicara pada rapat umum "Pertempuran untuk Donbas" untuk mendukung Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk yang memproklamirkan diri, di Moskow, Rusia 18 Oktober 2014. (Foto: dok.Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Darya Dugina, putri ideolog ultra-nasionalis Rusia, Alexander Dugin, tewas dalam serangan bom mobil yang dicurigai di luar Moskow pada hari Sabtu (20/8) malam. Kenalan Dugina mengatakan mobil yang dikendarainya adalah milik ayahnya dan kemungkinan besar dia adalah sasaran yang dituju.

Siapa Alexander Dugin?

Dugin, 60 tahun, telah lama mengadvokasi penyatuan wilayah berbahasa Rusia dan wilayah lain di kerajaan Rusia baru yang luas, yang dia ingin masukkan ke Ukraina.

Dalam bukunya tahun 1997, “The Foundations of Geopolitics: The Geopolitical Future of Russia”, Dugin sangat kritis terhadap pengaruh Amerika Serikat di Eurasia dan menyerukan Rusia untuk membangun kembali otoritasnya sendiri di wilayah tersebut dan menganjurkan untuk memecah wilayah negara lain.

Buku itu ditampilkan dalam daftar bacaan tentara, tetapi tidak ada indikasi bahwa Dugin pernah memiliki pengaruh langsung pada kebijakan luar negeri Rusia.

Pengaruh Dugin atas Presiden Vladimir Putin telah menjadi bahan spekulasi, dengan beberapa pengamat Rusia menyatakan bahwa pengaruhnya signifikan dan banyak yang menyebutnya minimal. Dia tidak memiliki hubungan resmi dengan Kremlin.

AS menjatuhkan sanksi pada Dugin pada tahun 2015 karena "bertanggung jawab atau terlibat dalam tindakan atau kebijakan yang mengancam perdamaian, keamanan, stabilitas, atau kedaulatan atau integritas teritorial Ukraina."

Dalam sebuah pernyataan pada bulan Maret, Departemen Keuangan AS mengatakan Persatuan Pemuda Eurasianya secara aktif merekrut individu dengan pengalaman militer dan tempur untuk berperang atas nama Republik Rakyat Donetsk yang memproklamirkan diri di Ukraina timur.

“Dugin mengontrol Geopolitica, sebuah situs web yang berfungsi sebagai platform bagi ultra nasionalis Rusia untuk menyebarkan disinformasi dan propaganda yang menargetkan audiens Barat dan lainnya,” kata Departemen Keuangan AS.

Pada tahun 2015, Dugin seperti dikutip oleh gazeta.ru bahwa penambahannya ke daftar sanksi AS "belum pernah terjadi sebelumnya" dan sanksi itu dijatuhkan untuk "aktivitas intelektual yang tidak melanggar hukum".

Dugin tidak segera menanggapi pertanyaan yang dikirim melalui email kepadanya pada hari Minggu (20/8) di alamat yang tercantum di situs Gerakan Eurasia Internasional yang ia dirikan.

Gerakan Politik

Buku Dugin tahun 1997 meningkatkan ketenarannya. Pada awal 1990-an, ia ikut mendirikan Partai Bolshevik Nasional (NBP), yang sangat mendukung pandangan anti sentris dan yang sebagian besar bendera merahnya menampilkan palu dan arit hitam di tengahnya.

Dugin meninggalkan NBP sekitar satu dekade sebelum dinyatakan sebagai "organisasi ekstremis" pada 2007 dan kegiatannya dilarang di Rusia.

Dia kemudian menemukan gerakan politik dan sosial yang berpusat pada ide-ide anti Barat yang kukuh untuk masa depan Eurasia.

Dugin bekerja sebentar sebagai pemimpin redaksi Tsargrad TV, saluran Kristen Ortodoks pro Kremlin yang dimiliki oleh pengusaha Konstantin Malofeev. Malofeev dijatuhi sanksi oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa pada tahun 2014 atas tuduhan bahwa dia mendanai separatis pro Moskow yang bertempur di Ukraina, namun dia membantah.

Menulis di situs Tsargrad pada bulan Mei, Dugin mengatakan "operasi militer khusus" Rusia di Ukraina membutuhkan "reformasi patriotik" segera. Dia menulis bahwa “Rusia baru, abadi, sejati dan mendalam” perlu dibentuk untuk menarik orang-orang Ukraina.

"Ukraina dapat menjadi bagian integral dan organik dari ini," tulisnya. “Warga Ukraina harus memahami bahwa kami mengundang mereka untuk menciptakan kekuatan baru yang besar ini. Juga orang Belarusia, Kazakh, Armenia, tetapi juga Azerbaijan dan Georgia, dan semua orang yang tidak hanya ada dan bersama kita, tetapi juga akan tetap ada.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home