Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:29 WIB | Rabu, 20 Juli 2022

Sri Lanka Pilih Ranil Wickremesinghe sebagai Pejabat Presiden

Perdana Menteri enam kali Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe, dipilih sebagai Pejabat Presiden. (Foto: dok. Reuters)

KOLOMBO, SATUHARAPAN.COM-Anggota parlemen Sri Lanka memilih Ranil Wickremesinghe sebagai pejabat presiden baru pada hari Rabu (20/7), dan berharap dia akan menarik negara itu keluar dari krisis ekonomi dan politik yang melumpuhkan.

"Ranil Wickremesinghe telah terpilih sebagai presiden eksekutif kedelapan berdasarkan konstitusi," kata sekretaris jenderal parlemen setelah penghitungan selesai. Ranil Wickremesinghe telah enam kali menjabat sebagai perdana menteri negara itu.

Kemenangan Wickremesinghe, yang ditentang oleh banyak warga Sri Lanka, dapat menyebabkan lebih banyak demonstrasi oleh orang-orang yang marah dengan elite penguasa setelah berbulan-bulan kekurangan bahan bakar, makanan dan obat-obatan, kata beberapa pengunjuk rasa.

Kandidat utama lainnya, anggota parlemen partai yang berkuasa, Dullas Alahapperuma, lebih dapat diterima oleh para pengunjuk rasa dan oposisi, tetapi tidak memiliki pengalaman pemerintahan tingkat atas di negara dengan hampir tidak ada dolar untuk impor, dan sangat membutuhkan bailout IMF.

Parlemen yang beranggotakan 225 orang memberikan 134 suara untuk Wickremesinghe dan 82 untuk Alahapperuma. Kandidat ketiga, Anura Kumara Dissanayaka, hanya mendapat tiga suara. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home