Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 18:25 WIB | Selasa, 27 Mei 2014

Stadion Minerao, Saksi Kebesaran Atletico Mineiro

Stadion Minerao di Belo Horizonte, nampak dari kejauhan saat malam hari. (Foto: copa.portal2014.com.br)

SATUHARAPAN.COM – Stadion yang pernah menjadi saksi kebesaran sebuah klub atas sebuah negara mungkin hanya Stadion Minerao, di Belo Horizonte. Atletico Mineiro yang kini menjadi salah satu klub Liga Brasil pernah mencatat peristiwa besar pada 1969 yakni saat menggelar pertandingan  fenomenal antara Atletico Mineiro menghadapi tim nasional Brasil yang satu tahun kemudian menjuarai Piala Dunia 1970. Kala itu, Atletico Mineiro unggul 2-1 atas tim Samba.

Stadion Minerao merupakan salah satu venue penyelenggaran Piala Dunia 2014. Dua klub di Liga Brasil yang saat ini bermarkas di stadion ini adalah Atletico Mineiro dan Cruzeiro. Stadion ini berkapasitas 58.259 dan kini usai ditingkatkan kapasitasnya menjadi 72.857 penonton setelah melewati proses renovasi dalam rangka Piala Konfederasi 2013 dan Piala Dunia 2014.  

Stadion Minerao atau yang dahulu sempat bernama Governador Magalhaes Pinto didirikan pada  1965  adalah stadion sepak bola terbesar di negara bagian Minas Gerais, Brasil.

Panitia lokal penyelenggara Piala Dunia 2014 melakukan beberapa modernisasi di stadion ini, salah satunya yakni meningkatkan aksesibilitas stadion, dan fasilitas penyerapan air stadion sehingga bola tetap melaju walau hujan, yakni teknologi  untuk menangkap dan menyimpan hingga 6.270.000 liter air hujan , yang kemudian dapat digunakan kembali .

Lapangan tempat pertandingan yang digunakan tim nasional Brasil ini berkapasitas 72.857 penonton, dan pernah menjadi saksi bisu kemenangan dua tim tadi, antara lain Cruzeiro yang memenangkan Piala Super Amerika Latin 1991, Piala Brasil 1993, 2000, dan 2003, Piala Libertadores pada 1997, sedangkan Atletico Mineiro pernah memenangkan Piala Libertadores pada 2013. 

Pada piala dunia kali ini Stadion Minerao akan menggelar beberapa pertandingan antara lain, pada Sabtu (14/6) malam WIB di Grup C antara Kolombia menghadapi Yunani, kemudian pada Selasa (17/6) malam WIB di Grup H Belgia menghadapi Aljazair akan dihelat di tempat ini, selanjutnya  pada Sabtu (21/6) malam WIB di Grup F Argentina menghadapi Iran dihelat di tempat ini.

Kemudian pada Selasa (24/6) malam WIB Kosta Rika menantang Inggris di Grup D, satu pertandingan perdelapan final akan dilangsungkan di stadion ini yakni pada Sabtu (28/6) malam WIB,  yang terakhir yakni satu partai semi final akan dilangsungkan pada Selasa (8/7) dini hari WIB.  (fifa.com/wikipedia.org)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home