Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 14:17 WIB | Rabu, 12 Januari 2022

Sungai Ciberes di Cirebon Meluap, Dua Desa Kebanjiran

Banjir yang merendam sejumlah rumah warga di Kabupaten Cirebon. (Foto: BPBD Kabupaten Cirebon)

CIREBON, SATUHARAPAN.COM-Sebanyak 2.728 jiwa dari 1.082 KK warga Desa Mekarsari dan Desa Gunung Sari di Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, terdampak banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) antara 30-100 sentimeter pada hari Selasa (11/1).

Menurut BNPB, banjir terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kabupaten Cirebon dan menyebabkan Sungai Ciberes meluap pada hari Senin (10/1) malam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon mencatat kurang lebih 719 unit rumah, enam unit fasilitas ibadah dan tujuh unit fasilitas pendidikan terdampak banjir.

Tim BPBD Kabupaten Cirebon telah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan perangkat desa dan anggota Desa Tangguh Bencana (Destana). Tim BPBD setempat bersama Destana Mekarsari juga mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan permakanan warga terdampak lainnya.

Kondisi terkini dilaporkan cuaca cerah berawan dan TMA mulai berangsur-angsur surut. Adapun TMA Desa Mekarsari saat ini masih terpantau 40 sentimeter dan Desa Gunung Sari 25 sentimeter.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan informasi prakiraan cuaca di wilayah Kabupaten Cirebon untuk periode hingga Kamis (13/1) yang menyatakan bahwa hujan ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi pada sore hingga malam hari.

 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home