Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 18:59 WIB | Kamis, 06 Februari 2014

Survei: Elektabilitas PDIP Tertinggi dan Dianggap Dekat Rakyat

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Hasil survei Alvara Research Center menyebutkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meraih elektabilitas teratas dan juga partai yang dekat dengan rakyat.

"Elektabilitas PDIP menempati peringkat teratas, meraih 34,9 persen. Kemudian disusul Partai Golkar, Partai Gerindra, dan Partai Demokrat," kata Peneliti Alvara Research Center, Hasanuddin Ali di Jakarta, Kamis (6/2).

Hasil survei yang dilakukan di 12 kota di Tanah Air pada 16 hingga 30 Januari 2014 itu menyebutkan elektabilitas Golkar sebesar 9,73 persen, Partai Gerindra 9,67 persen dan Partai Demokrat 5,07 persen. "Partai yang berbasis nasionalis menempati posisi teratas di benak pemilih."

Dia mengatakan PDIP dipersepsikan sebagai partai yang dekat dengan rakyat, mampu melakukan perubahan dan partai anak muda. Sementara Partai Golkar dipersepsikan sebagai partai yang mampu menjaga keragaman Indonesia.

Tak Bebas Korupsi

"Dan tidak ada satu pun partai yang dicitrakan bebas korupsi."

PDIP Perjuangan juga merupakan partai yang melekat di benak pemilih atau dengan persentase 39,2 persen. Disusul dengan Partai Golkar 18,1 persen dan Partai Demokrat 11,9 persen.

"Popularitas PDIP berkorelasi positif terhadap elektabilitasnya, sementara Golkar, Gerindra dan Demokrat harus berjuang untuk meningkatkan elektabilitasnya."

Untuk kandidat, popularitas dan elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tidak terbendung. Popularitas Joko Widodo yang mencapai 90,7 persen, Aburizal Bakrie yang meraih 83,4 persen dan Prabowo Subianto mencapai 82,4 persen.

Dari sisi elektabilitas Jokowi meraih 42,5 persen, disusul dengan Prabowo dengan nilai 13,7 persen dan Aburizal Bakrie yang meraih 7,9 persen. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home