Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 15:11 WIB | Rabu, 15 Juli 2015

Survei HILDA: Pasangan Tak Menikah Mengaku Lebih Berbahagia

Ilustrasi: Survei HILDA yang dilaksanakan Universitas Melbourne menggali faktor-faktor kebahagaiaan 17 ribu responden. (Foto: ABC)

MELBOURNE, SATUHARAPAN.COM - Di Australia, pasangan yang hidup bersama tanpa menikah lebih berbahagia dibandingkan pasangan yang menikah. Demikian pula penduduk kota kecil dengan populasi kurang dari 1.000 jiwa ternyata lebih berbahagia dibandingkan dengan warga kota besar.

Hal ini terungkap dalam hasil Survei HILDA (household, income and labour dynamics) yang dilaksanakan Universitas Melbourne, dengan melibatkan 17 ribu responden.

Survei menanyakan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kebahagiaan para responden.

Menurut penulis laporan survei, Profesor Roger Wilkins, terdapat sejumlah faktor yang berpengaruh terhadap kebahagiaan para responden.

"Faktor paling besar adalah kesehatan dan hubungan dengan pasangannya. Sedangkan faktor yang paling merusak kebahagiaan adalah menjadi pengangguran," katanya.

Menurut Wilkins pasangan tetap yang tidak menikah secara umum mengaku lebih berbahagia dibandingkan pasangan yang menikah.

"Ada sejumlah alasan untuk itu, pertama karena mereka kecil kemungkinannya memiliki anak, dan kehadiran anak-anak membawa pengaruh negatif bagi kebahagiaan pasangan tersebut," katanya.

"Di mata para responden, kehadiran anak menimbulkan masalah seperti siapa yang harus mengasuhnya," kata Wilkins.

"Selain itu pasangan yang menikah cenderung bertahan lebih lama dalam hubungan mereka dibandingkan dengan yang tidak menikah. Survei ini menemukan pengaruh negatif dari hubungan yang telalu lama," katanya.

Wilkins menjelaskan, survei ini tidak menemukan di antara para responden yang menyebutkan bahwa anak justru merupakan sumber kebahagiaan pasangan suami-istri.

Hasil lainnya menyebutkan bahwa kalangan suami atau pria lebih bahagia dibandingkan kalangan istri atau wanita dalam kehidupan berpasangan.

Selain itu, survei ini mengungkapkan pola tidak terduga dalam kebahagiaan yang bagi sebagian orang mungkin justru merupakan tekanan.

Misalnya, kata Wilkins, responden yang paling berbahagia ternyata adalah mereka yang bermukim di kota kecil dengan penduduk kurang dari 1.000 jiwa.

"Survei ini tidak menguji mengapa mereka lebih berbahagia hidup di kota kecil, sehingga kami lebih spekulatif membuat dugaan," katanya.

"Misalnya, mungkin karena kurangnya kemacetan serta kejadian kriminalitas," katanya. (australiaplus.com)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home