Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 17:12 WIB | Jumat, 25 Oktober 2013

Sutarman Resmi Jadi Kapolri

Pelantikan Sutarman menjadi Kapolri. (Foto: setkab.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melantik  Komjen Pol Sutarman menjadi Kapolri di Istana Negara, Jakarta, Jumat (25/10). Komjen Pol Sutarman menggantikan Jenderal Timur Pradopo berdasarkan Keputusan Presiden nomor 67 Polri 2013 yang ditandatangani 24 Oktober 2013. Dalam Keppres tersebut juga diatur pemberhentian dengan hormat Jenderal (Pol) Timur Pradopo sebagai Kapolri.

Komjen Pol Sutarman sebelumnya menjabat Kabareskrim. Dia merupakan calon tunggal Kapolri yang diajukan oleh Presiden SBY untuk menjalani  fit and proper test di Komisi III DPR, dan telah disetujui Rapat Paripurna DPR untuk menjadi Kapolri.

Menurut Presiden SBY, nama Komjen Pol Sutarman diusulkan oleh Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Kapolri Jendral Timur Pradopo. "Namanya masuk di antara 4 (empat) nama yang diusulkan Kompolnas dan Kapolri," kata Presiden SBY saat beramah tamah dengan Pengurus PWI dan tokoh pers nasional di Banjarmasin, Kalsel, Rabu (23/10).

Presiden sekaligus meluruskan berita di sejumlah media yang menyebut nama Sutarman tidak termasuk di antara nama yang diusulkan Kapolri, namun berkat lobi seseorang ia berhasil lolos setelah menyisihkan nama-nama lain.

"Sutarman ada di urutan pertama dalam usulan Kompolnas maupun Kapolri," ungkap Presiden SBY sembari menyebutkan salah satu alasannya adalah senioritas Sutarman.

Meniti Karir dari Bawah

Sutarman lahir di Weru, Sukoharjo, Jawa Tengah, 5 Oktober 1957. Sutarman mengawali karir di kepolisian dari pendidikan Akpol pada tahun 1981. Setelah itu, dia berdinas pertama kali di Polda Jabar sebagai Pa Staf Lantas Polres Bandung Polda Jabar (1982), Kapolsek Dayeuh Polres Bandung Polda Jabar (1982), Kasat Lantas Polres Sumedang Polda Jabar (1983).

Mulai tahun 1988-1995, Sutarman berdinas di Polda Metro Jaya. Pada tahun 2000, Sutarman juga dipercaya sebagai ajudan Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Kemudian akhir 2004, dia menjabat Kapolwiltabes Surabaya, lantas berturut-turut sebagai Kapolda Kepri, Kaselapa Lemdiklat Polri, lalu Kapolda Jabar dan Kapolda Metro Jaya.

Terakhir, Sutarman menjabat sebagai Kabareskrim Polri, menggantikan Ito Sumardi Ds yang pensiun. Nama Sutarman dipilih Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai calon tunggal Kapolri. Surat Presiden kepada DPR disampaikan pada akhir September 2013 lalu. (Setkab)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home