Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 12:54 WIB | Sabtu, 08 Agustus 2015

Taiwan Lumpuh Dilanda Topan Soudelor

Topan Soudelor menumbangkan pohon dan papan reklame di Taiwan (Foto: AFP)

TAIPEI, SATUHARAPAN.COM - Topan Soudelor telah membuat Taiwan lumpun, mengakibatkan pohon dan papan reklame di beberapa wilayah Taiwan tumbang, empat orang meninggal dan ribuan terpaksa dievakuasi.

Channel News Asia melaporkan ribuan orang telah dievakuasi, sebanyak 1.300 di antaranya di 43 tempat penampungan sementara di Taiwan. Seorang warga negara Indonesia bernama Agung Wibowo, tewas tertimpa papan reklame yang diterjang topan. Semua sekolah dan tempat kerja ditutup pada hari Sabtu seiring dengan datangnya badai  di Taiwan tengah.

Di wilayah timur Taiwan, seperti Kabupaten Yilan, Kabupaten Hualien, dan Kabupaten Taitung, bahkan sudah diliburkan sejak Jumat (7/8) pagi. Sementara di wilayah lain, seperti Kota Taipei, Kota New Taipei, Kabupaten Taoyuan, Kabupaten Hisunchu, Kota Taichung, Kota Tainan, Kota Kaohsiong, dan Kabupaten Pingtung, baru dinyatakan libur pada Jumat sore mulai pukul 17.00 waktu setempat.

"Angin laut bergerak membawa hujan lebat dan angin kencang ke seluruh pulau, meskipun secara bertahap kehilangan kekuatan," kata pejabat Biro Cuaca Pusat (CWB).

Kecepatan angin tertinggi berada di Suao mencapai 237 kilometer per jam.

Media lokal juga melaporkan bahwa lebih dari 60 ribu rumah tanpa listrik.

Setidaknya 80 penerbangan internasional dibatalkan dan perjalanan kereta api super cepat (THSR) dihentikan. Sebanyak lebih dari 4.000 orang telah dievakuasi, termasuk 2.000 turis yang ditarik keluar dari Green Island dan Orchid Island.

Petugas juga masih mencari gadis berusia delapan tahun yang tersapu topan ke laut di wilayah Kabupaten Yilan. Belakangan, sebagaimana dilaporkan oleh abc.net.au, gadis kecil itu ditemukan tewas. Korban meninggal lainnya adalah anggota pemadam kebakaran di daerah sebelah utara Pintung.

Sampai berita ini disiarkan topan Soudelar masih melanda sebagian besar wilayah Taiwan. Angin berkecepatan tinggi dan hujan lebat mengguyur Taipei dan sekitarnya sejak Jumat (7/8). (Ant/abc.net.au)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home