Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:10 WIB | Sabtu, 03 September 2022

Taiwan Membeli Senjata dari AS Senilai Satu Miliar Dolar

Seorang demonstran memegang bendera Taiwan dan AS. (Foto: dok. Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat mengumumkan mengirim paket senjata baru ke Taiwan pada hari Jumat (2/9) senilai lebih dari US$ satu miliar, termasuk rudal anti-kapal dan 100 rudal udara-ke-udara.

Dalam sebuah pernyataan, Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan Pentagon mengatakan Taiwan meminta 60 rudal Harpoon Block II, empat rudal latihan Harpoon Block II dan peralatan lainnya senilai US$355 juta.

“Penerima akan dapat menggunakan sistem yang sangat andal dan efektif untuk melawan atau mencegah agresi maritim, blokade pantai, dan serangan amfibi,” kata Pentagon.

Sebanyak 100 rudal taktis AIM-9X Block II Sidewinder lainnya dan lebih banyak peralatan juga diminta oleh Taipei, senilai US$85 juta. Dukungan Logistik Kontraktor untuk Program Radar Pengawasan (SRP) juga disetujui, senilai US$665 juta.

Pentagon mengatakan penjualan ini akan membantu kemampuan Taiwan untuk menghadapi ancaman saat ini dan di masa depan dengan memastikan kelangsungan pengoperasian SRP-nya, yang memberikan peningkatan kesadaran situasional dan kemampuan peringatan ancaman yang penting bagi keamanan regional.”

Seorang pejabat Departemen Luar Negeri, dikutip Al Arabiya, mengatakan pengumuman hari Jumat itu konsisten dengan Undang-undang Hubungan Taiwan, mengutip lebih dari US$35 miliar penjualan senjata ke Taiwan sejak 2010.

“Penjualan yang diusulkan ini adalah kasus rutin untuk mendukung upaya berkelanjutan Taiwan untuk memodernisasi angkatan bersenjatanya dan untuk mempertahankan kemampuan pertahanan yang kredibel,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara itu berseru kepada China: “Kami mendesak Beijing untuk menghentikan tekanan militer, diplomatik, dan ekonominya terhadap Taiwan dan alih-alih terlibat dalam dialog yang berarti dengan Taiwan.”

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home