Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 17:53 WIB | Sabtu, 11 September 2021

Taiwan Peringatkan Angin dan Hujan Deras Dampak Topan Chanthu

Taiwan Peringatkan Angin dan Hujan Deras Dampak Topan Chanthu
Gelombang tinggi menghantam pantai saat Topan Chanthu mendekati Taiwan di Keelung, New Taipei City, Taiwan, Sabtu, 11 September 2021. (Foto-foto: AP/Chiang Ying-ying)
Taiwan Peringatkan Angin dan Hujan Deras Dampak Topan Chanthu
Nelayan mengikat perahu untuk berlindung saat Topan Chanthu mendekati Taiwan di Keelung, New Taipei City, Taiwan, Sabtu, 11 September 2021.

TAIPEI, SATUHARAPAN.COM-Biro cuaca Taiwan memperingatkan angin kencang dan hujan lebat saat Topan Chanthu menerjang menuju pulau itu hari Sabtu (11/9) dan mengatakan pusat badai kemungkinan akan melewati pantai timurnya, menghantam daratan.

Biro itu mengeluarkan peringatan topan untuk bagian selatan Taiwan pada Jumat (10/9) malam setelah Chanthu melewati perairan Filipina dengan kecepatan 215 kilometer per jam dan hembusan hingga 265 kilometer per jam.

Para peramal cuaca memperkirakan Chanthu akan melewati pantai timur Taiwan pada hari Minggu (12/9), tetapi tepi luar badai akan menurunkan hujan di pulau itu, kata badan cuaca Taiwan dan Filipina.

Pada hari Jumat, pihak berwenang Filipina mengeluarkan peringatan badai untuk Provinsi Cagayan dan Ilocos Norte di pulau Luzon dan untuk pulau-pulau yang jarang berpenghuni di pantai utara Luzon. Tidak ada laporan segera tentang banjir atau kerusakan.

Kecepatan angin Chanthu menempatkannya di ambang menjadi "topan super", yang memiliki kecepatan angin setidaknya 220 kilometer per jamp.

Biro itu mengatakan gelombang tinggi diperkirakan terjadi di sepanjang pantai selatan Taiwan dan di Selat Bashi antara ujung selatannya dan pulau paling utara di Filipina.

Topan yang lebih kecil menghantam Filipina timur pada hari Selasa, menyebabkan pemadaman listrik di beberapa provinsi sebelum melemah menjadi badai tropis yang parah saat bergerak ke barat-barat laut di atas Laut Sibuyan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home