Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 19:55 WIB | Sabtu, 31 Desember 2022

Tanah Longsor di Yamagata, Jepang, Hancurkan Belasan Rumah

Tanah Longsor di Yamagata, Jepang, Hancurkan Belasan Rumah
Tim penyelamat berkumpul di lokasi tanah longsor di Tsuruoka, prefektur Yamagata, utara Tokyo, Sabtu, 31 Desember 2022. Tanah longsor menelan sekitar selusin rumah di utara Jepang pada Sabtu. (Foto-foto: Berita Kyodo via AP)
Tanah Longsor di Yamagata, Jepang, Hancurkan Belasan Rumah

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Tanah longsor menghancurkan belasan rumah di Jepang utara pada hari Sabtu (31/12), menyebabkan sedikitnya dua orang hilang, dan pasukan sedang dalam perjalanan untuk membantu upaya penyelamatan, kata para pejabat.

Dua orang, seorang pria dan seorang perempuan, diselamatkan dari rumah yang terkubur di tanah yang telah runtuh dari gunung terdekat di kota Tsuruoka di Prefektur Yamagata di barat laut Jepang. Namun lebih banyak warga dikhawatirkan masih terperangkap di bawah reruntuhan.

Operasi penyelamatan yang melibatkan 80 petugas pemadam kebakaran dan petugas polisi dimulai setelah panggilan masuk meminta bantuan tak lama setelah tengah malam, menurut polisi. Prefektur juga telah meminta bantuan penyelamatan dari Kementerian Pertahanan, kata pejabat Yamagata Susumu Saito.

"Kami belum mendapat kabar tentang kedatangan mereka, tetapi permintaan resmi telah dibuat," katanya.

Beberapa warga terdekat telah dievakuasi ke fasilitas umum sebagai tindakan pencegahan. Saito mengatakan setidaknya dua orang masih belum ditemukan. Luka-luka kedua orang yang diselamatkan itu ringan, kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Ditutupi dengan pegunungan, Jepang rawan terhadap bencana alam seperti gempa bumi dan banjir. Berita itu muncul saat keluarga bersiap berkumpul untuk perayaan Tahun Baru, festival terpenting di Jepang. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home