Loading...
INSPIRASI
Penulis: Eliana Setyanti 01:00 WIB | Jumat, 11 Desember 2015

Teladan bagi Anak

Anak akan selalu meneladani setiap perilaku orangtuanya.
Foto: istimewa

SATUHARAPAN.COM – Anak yang dilahirkan ke dalam dunia ini ibarat seperti kertas kosong. Kita sebagai orangtualah yang memberikan goresan di atasnya. Akan berisi seperti apa kertas itu tergantung dari bagaimana dan apa yang akan kita goreskan.

Pendidikan pertama dan terutama diterima anak melalui orangtua di dalam keluarganya. Orangtua yang memiliki sikap serta  perilaku  yang baik, terarah, dan  terencana akan membuat  anak  meniru. Sebaliknya, kalau orangtua memiliki sikap yang tidak baik, seenaknya sendiri, ceroboh, tidak terencana, anak pun akan meniru sikap-sikap yang kurang baik. Semisal, ada seorang ibu yang setiap detik,  setiap jam dan bahkan setiap saat  di rumah hanya memegang dan bermain gawai, anak pun akan meniru perilakunya.

Dari sikap meniru itulah akan berkembang menjadi kebiasaan dalam diri anak. Kebiasaan inilah yang nantinya akan membentuk pribadi anak. Jadi, jika kita mendapati perilaku anak yang kurang sopan, kurang disiplin, tidak teratur, tidak menghormati sesama atau orang lain, hal pertama yang mesti dilakukan tidak seharusnya menyalahkan anak itu, melainkan harus bertanya bagaimanakah orangtua Si Anak itu mendidik anak mereka.

Masa depan anak sejatinya telah dimulai manakala sperma ayah  dan sel telur ibu menyatu. Artinya, pendidikan anak semestinya sudah dimulai sejak dari kandungan, sejak pranatal. Pendidikan anak diimulai dengan membangun komunikasi baik dengan bahasa verbal, mengajak bicara bayi dalam kandungan seolah-olah sudah bisa berbicara, selalu melakukan tindakan baik dalam kehidupan dan secara spiritual mendoakannya. Dengan model pendidikan ini, anak sudah diajari  melakukan tindakan kehidupan sedini mungkin.

Setelah terlahir kemudian, anak akan selalu meneladani setiap perilaku dan tindakan orangtua mereka. Jika orangtua selalu bertindak dan bersikap baik, maka anak pun cenderung bertindak baik juga. Karena itu, wahai para orangtua, didiklah anak dengan keteladanan sikap dan tindakan hidup Anda!

 

Editor: Yoel M Indrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home