Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 21:22 WIB | Senin, 25 April 2022

Temukan 70 Kasus COVID-19, Beijing Lakukan Pengujian Masal

Beberapa wilayah di China juga telah melakukan penguncian.
Warga yang mengenakan masker berbelanja di supermarket di distrik Chaoyang, Beijing, Senin, 25 April 2022. Pengujian massal dimulai Senin di distrik Chaoyang, rumah bagi lebih dari tiga juta orang di ibu kota China, menyusul wabah baru COVID-19. (Foto: AP/Ng Han Guan)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Ibu kota China, Beijing, memulai pengujian massal lebih dari tiga juta orang pada hari Senin (25/4) dan membatasi penduduk di satu bagian kota di kompleks mereka, memicu kekhawatiran penguncian gaya Shanghai yang lebih luas.

Sementara hanya 70 kasus telah ditemukan sejauh ini di kota berpenduduk lebih dari 21 juta sejak wabah baru muncul Jumat, pihak berwenang telah meluncurkan langkah-langkah ketat di bawah pendekatan "nol-COVID" China untuk mencoba mencegah penyebaran virus lebih lanjut.

Beberapa penduduk bekerja dari rumah dan banyak yang menimbun makanan sebagai perlindungan terhadap kemungkinan bahwa mereka dapat dikurung di dalam ruangan, seperti yang terjadi di beberapa kota, termasuk pusat keuangan Shanghai. Kota Anyang di China tengah dan Dandong di perbatasan dengan Korea Utara juga memulai penguncian karena varian Omicron menyebar ke seluruh negara yang luas.

Shanghai, yang telah dikunci selama lebih dari dua pekan, melaporkan lebih dari 19.000 infeksi baru dan 51 kematian dalam periode 24 jam terakhir, mendorong jumlah kematian yang diumumkan dari wabah yang sedang berlangsung menjadi 138.

Antrean panjang terbentuk di supermarket di pusat kota Beijing. Pembeli mengambil beras, mie, sayuran, dan makanan lainnya, sementara pekerja toko buru-buru mengisi kembali beberapa rak kosong. Media pemerintah mengeluarkan laporan yang mengatakan pasokan tetap berlimpah meskipun ada lonjakan pembelian.

Pembeli tampak khawatir tetapi belum panik. Seorang perempuan, membawa dua kantong sayuran, telur, dan pangsit beku, mengatakan bahwa dia membeli sedikit lebih banyak dari biasanya. Seorang pria mengatakan dia tidak khawatir tetapi hanya berhati-hati karena dia memiliki anak perempuan berusia dua tahun.

Pejabat kesehatan Beijing mengatakan 29 kasus baru telah diidentifikasi dalam 24 jam hingga pukul 16:00 sore, hari Senin, meningkatkan total menjadi 70 kasus sejak hari Jumat.

Kota tersebut telah memerintahkan pengujian massal di distrik Chaoyang yang luas, di mana 46 kasus telah ditemukan. Sebanyak 3,5 juta penduduk Chaoyang, serta orang-orang yang bekerja di distrik itu, perlu diuji pada hari Senin, Rabu, dan Jumat.

Tempat pengujian didirikan pada malam dan pagi hari di kompleks perumahan dan gedung perkantoran di sekitar distrik.

“Saya pikir Beijing akan baik-baik saja,” kata Gao Haiyang sambil menunggu di antrean untuk tes COVID-19. “Berdasarkan respon sebelumnya yang dilakukan oleh komunitas saya, jika ada keadaan darurat, saya pikir pasokan bisa dijamin. Plus ada pelajaran yang kami pelajari dari kota-kota lain. Saya pikir kami bisa membuat persiapan yang baik.”

Shanghai berada di bawah penguncian ketat yang telah mendorong penduduk untuk bersatu untuk mendapatkan makanan yang dikirim melalui pembelian kelompok. Barang telah dicadangkan di pelabuhan Shanghai, mempengaruhi pasokan dan produksi pabrik dan menghambat pertumbuhan ekonomi.

Beijing mengunci penduduk di area sekitar, menyuruh mereka bekerja dari rumah dan tinggal di kompleks perumahan mereka. Itu bukan penguncian total, toko terus beroperasi, tetapi bioskop, bar karaoke, dan tempat hiburan lainnya diperintahkan ditutup.

Di tempat lain, kota itu juga menutup beberapa atau semua bangunan di lima kompleks perumahan, menambah yang lain yang dikunci pada hari Minggu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home