Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 15:29 WIB | Minggu, 07 Januari 2024

Tesla Tarik 1,6 Juta Kendaraan Listrik Yang Diekspor ke China

Ini terkait masalah pada fungsi kemudi berbantuan otomatis dan kontrol kait pintu.
Stasiun pengisian daya Tesla terlihat pada 28 September 2023, di Woodstock, Ga. Tesla menarik kembali lebih dari 1,6 juta model Model S, X, 3 dan Y di China karena masalah dengan fungsi kemudi berbantuan otomatis dan kontrol kait pintu . (Foto: dok. AP/Mike Stewart)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Tesla menarik kembali lebih dari 1,6 juta kendaraan listrik Model S, X, 3 dan Y yang diekspor ke China karena masalah pada kontrol kemudi berbantuan otomatis dan kait pintu.

Administrasi Negara untuk Regulasi Pasar China mengumumkan penarikan tersebut pada hari Jumat (5/1). Dikatakan bahwa Tesla Motors di Beijing dan Shanghai akan menggunakan peningkatan jarak jauh untuk memperbaiki masalah tersebut, sehingga dalam banyak kasus pemilik mobil tidak perlu mengunjungi pusat layanan Tesla.

Penarikan kembali karena masalah fungsi bantuan kemudi otomatis berlaku untuk 1,6 juta Tesla Model S, Model X, Model 3, dan Model Y yang diimpor.

Ketika fungsi kemudi otomatis diaktifkan, pengemudi mungkin menyalahgunakan fungsi mengemudi gabungan, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan, kata pemberitahuan itu.

Penarikan kembali untuk memperbaiki kontrol logika buka kunci pintu untuk EV Model S dan Model X yang diimpor mempengaruhi 7,538 kendaraan yang dibuat antara 26 Oktober 2022 dan 16 November 2023. Hal ini diperlukan untuk mencegah kait pintu terbuka saat terjadi tabrakan.

Penarikan tersebut menyusul penarikan kembali lebih dari dua juta kendaraan listrik Tesla di Amerika Serikat pada bulan lalu untuk meningkatkan sistem pemantauan pengemudinya.

Penarikan kembali ini dilakukan setelah penyelidikan selama dua tahun oleh Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS yang menemukan bahwa sistem tersebut rusak, menjadi serangkaian kecelakaan yang terjadi saat sistem penggerak otomatis sebagian Autopilot sedang digunakan. Beberapa di antaranya mematikan.

Peningkatan tersebut dimaksudkan agar pengemudi yang menggunakan sistem Autopilot Tesla lebih memperhatikan jalan. Dokumen yang diajukan oleh Tesla kepada pemerintah AS mengatakan perubahan perangkat lunak online akan meningkatkan peringatan dan peringatan kepada pengemudi untuk tetap memegang kemudi.

Namun, penelitian yang dilakukan oleh NHTSA, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional, dan peneliti lainnya menunjukkan bahwa hanya mengukur torsi pada roda kemudi tidak menjamin bahwa pengemudi memberikan perhatian yang cukup.

China adalah pasar dan pusat manufaktur utama bagi Tesla, dan CEO perusahaan tersebut, Elon Musk, telah membangun hubungan dekat dengan para pejabat China bahkan ketika hubungan AS-China memburuk. Perusahaan ini membangun pabrik kendaraan listrik di Shanghai pada tahun 2019 yang merakit mobil untuk China, Eropa, dan pasar luar negeri lainnya.

Tesla adalah penjual nomor dua di pasar kendaraan listrik China yang sedang booming. Pemimpin pasarnya adalah perusahaan otomotif China BYD. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home