Loading...
DUNIA
Penulis: Sotyati 07:36 WIB | Jumat, 02 Desember 2016

Thailand Angkat Putra Mahkota Vajiralongkorn sebagai Raja Baru

Yang Mulia Raja Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun memberi hormat di depan foto Raja Bhumibol Adulyadej dan Ratu Sirikit usai secara resmi menerima permintaan Parlemen sebagai raja, Kamis (1/12) malam. (Foto: bangkokpost.com/Royal Household Bureau)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM - Thailand siap memahkotai pemimpin barunya pada waktu Putra Mahkota Pangeran Maha Vajiralongkorn resmi dinyatakan sebagai raja.

Pangeran Maha Vajiralongkorn, 64 tahun, menggantikan ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej, yang meninggal pada bulan Oktober. Peralihan kekuasaan secara resmi berlangsung hari Kamis (1/12) malam, seperti dilaporkan voaindonesia.com, setelah serangkaian protokol seremonial dilalui dan para pejabat tinggi Thailand secara resmi meminta Vajiralongkorn untuk menjadi raja.

Begitu Vajiralongkorn menyetujui permintaan untuk menjadi raja, ia akan dinobatkan sebagai Rama X dari Dinasti Chakri Thai, yang telah berkuasa di Thailand sejak 1782. Raja memiliki kekuasaan formal yang terbatas.

Thailand dalam keadaan berkabung sejak Bhumibol yang populer mangkat pada 13 Oktober. Bhumibol memimpin negaranya selama 70 tahun dan dianggap banyak kalangan sebagai sosok yang kuat selama beberapa kali pergolakan politik.

Vajiralongkorn tidak sepopuler Bhumibol dan menghindari sorotan publik yang dinikmati ayahnya. Ia anak kedua, satu-satunya laki-laki Bhumibol dan disebut sebagai pengganti ayahnya pada tahun 1972, tercatat tiga kali menikah dan ketiganya berakhir dengan perceraian. Putri Vajiralongkorn dari pernikahan pertama, Bajrakitiyabha (38), menjabat sebagai Duta Besar Thailand di Austria (4 September 2012 - 1 Oktober 2014) dalam pemerintahan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra dan Prayut Chan-o-cha.

Anak Bhumibol lain adalah Sirindhorn (putri sulung), dan dua adik Vajiralongkorn, yakni Ubolratana Rajakanya dan Chulabhorn Walailak.

Bhumibol akan dikremasi dalam suatu upacara yang diperkirakan baru akan berlangsung tahun depan. Setelah itu, barulah upacara penobatan Vajiralongkorn sebagai raja berlangsung. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home