Loading...
HAM
Penulis: Reporter Satuharapan 16:42 WIB | Sabtu, 13 Juli 2013

Thomas Pogge: Kemiskinan Merupakan Kejahatan Kemanusian Terbesar

Thomas Pogge: Kemiskinan Merupakan Kejahatan Kemanusian Terbesar
Salah satu dampak kemiskinan adalah terjadinya wabah kelaparan yang dapat menjadi beban suatu negara (foto: dw.de)
Thomas Pogge: Kemiskinan Merupakan Kejahatan Kemanusian Terbesar

JERMAN, SATU HARAPAN.COM - Filsuf Thomas Pogge mengatakan bahwa orang kaya dalam sistem demokrasi barat secara aktif dapat merugikan kaum miskin di dunia dengan menyebarkan sistem politik dan ekonomi yang salah.

“Ketimpangan sosial telah meningkat, seandainya orang miskin berpartisipasi secara proporsional dalam pertumbuhan ekonomi secara global namun kemiskinan tetap menjadi sejarah,“ ujar Thomas Pogge.

“Perlu adanya aturan yang memperhatikan keadaan orang miskin,“ tambahnya. Menurut Thomas Pogge perlu adanya dana untuk menangani kesehatan masyarakat. Dana yang dimaksud di sini adalah menyediakan obat-obatan murah untuk orang-orang, menyediakan tempat pengobatan bagi masyarakat miskin.

“Gerakan tersebut masih terasa asing bagi negara-negara kaya di dunia. Oleh karena itu perusahaan tidak punya alasan untuk tidak melakukan hal itu, itu sebabnya kita harus mengubah sistem yang sudah ada,“ ujar Pogge.

Dalam hal ini Thomas Pogge memberikan dana 6 miliar dolar AS atau 5 miliar euro (63 triliyun Rupiah) bagi perusahaan farmasi yang membuat inovasi yang berbasis pada obat-obatan berdampak pada kesehatan masyarakat. Jika dengan itu bisa meraih keuntungan dengan perusahaan tersebut mau menjual dengan biaya yang murah tanpa adanya mark up dalam meraih keuntungan.

Saya telah melakukan perjanjian dengan para politisi di Jerman, India, dan Brasil dalam menerapkan sistem tersebut. Mengingat tingginya biaya kesehatan masyarakat karena pemerintah mengalami kekurangan dana untuk mengembangkan sistem inovasi farmasi yang lebih efisien.

Kita tahu bahwa kemiskinan dapat menyebabkan orang sakit, hal itu menyebabkan tingkat kesehatan menurun dan menjadi beban suatu negara.

“Ini tidak adil jika menyediakan obat hanya untuk orang kaya yang bisa membayar tetapi menahannya jika orang miskin tidak mampu membayar,“ ujar Pogge.

Setengah dari penduduk miskin, 3% nya benar-benar hidup menderita. Mereka tidak memeiliki cukup makanan atau tempat tinggal sekalipun. Mereka juga tidak memiliki air bersih atau sanitasi yang memadai. Banyak orang dewasa buta huruf karena kemiskinan, dan hal ini merupakan kejahatan besar terhadap kemanusiaan.

“Saya akan berjuang sampai akhir hidup saya untuk melindungi orang-orang miskin,“ ujar Pogge. Hampir semua kemiskinan yang ada di dunia ini dapat dihindari dan hal tersebut merupakan tugas kita bersama untuk melawan itu.

Editor : Yan Chrisna


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home