Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 19:07 WIB | Selasa, 04 Oktober 2022

Tiga Ilmuwan Memenangi Nobel Fisika 2022

Sekretaris Jenderal Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia, Hans Ellegren, tengah, Eva Olsson, kiri dan Thors Hans Hansson, anggota Komite Nobel Fisika mengumumkan pemenang Hadiah Nobel Fisika 2022, dari kiri ke kanan di layar, Alain Aspect, John F. Clauser dan Anton Zeilinger, saat konferensi pers di Royal Swedish Academy of Sciences, di Stockholm, Swedia, Selasa, 4 Oktober 2022. (Foto: Jonas Ekstromer / Kantor Berita TT via AP)

STOCKHOLM, SATUHARAPAN.COM-Tiga ilmuwan bersama-sama memenangkan Hadiah Nobel Fisika tahun ini pada hari Selasa (4/10) atas karya mereka dalam ilmu informasi kuantum yang memiliki aplikasi signifikan, misalnya di bidang enkripsi.

Alain Aspect, John F. Clauser dan Anton Zeilinger disebut oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia atas menemukan cara partikel yang dikenal sebagai foton dapat dihubungkan, atau "terjerat" satu sama lain bahkan ketika mereka dipisahkan oleh jarak yang jauh.

“Ilmu informasi kuantum adalah bidang yang dinamis dan berkembang pesat,” kata Eva Olsson, anggota komite Nobel. “Ini memiliki implikasi luas dan potensial di berbagai bidang seperti transfer informasi yang aman, komputasi kuantum, dan teknologi penginderaan.”

“Asal usulnya dapat ditelusuri ke mekanika kuantum,” katanya. “Prediksinya telah membuka pintu ke dunia lain, dan itu juga telah mengguncang dasar bagaimana kita menafsirkan pengukuran.”

Berbicara melalui telepon pada konferensi pers setelah pengumuman itu, Zeilinger mengatakan dia "masih agak terkejut" saat mendengar dia menerima penghargaan itu. "Tapi itu kejutan yang sangat positif," kata Zeilinger, 77 tahun, yang tinggal di Universitas Wina.

Clauser, Aspect, dan Zeilinger telah berperan dalam spekulasi Nobel selama lebih dari satu dekade. Pada tahun 2010 mereka memenangkan Wolf Prize di Israel, dipandang sebagai kemungkinan pendahulu Nobel.

Sementara fisikawan sering mengatasi masalah yang tampak pada pandangan pertama jauh dari masalah sehari-hari, partikel kecil dan misteri ruang dan waktu yang luas, penelitian mereka memberikan dasar bagi banyak aplikasi praktis sains.

Tahun lalu, penghargaan itu diberikan kepada tiga ilmuwan: Syukuro Manabe, Klaus Hasselmann, dan Giorgio Parisi, yang karyanya telah membantu menjelaskan dan memprediksi kekuatan alam yang kompleks, sehingga memperluas pemahaman kita tentang perubahan iklim.

Pengumuman Hadiah Nobel sepekan dimulai pada hari Senin (3/10) dengan ilmuwan Swedia, Svante Paabo, menerima penghargaan dalam bidang kedokteran pada hari Senin karena membuka rahasia DNA Neanderthal yang memberikan wawasan kunci ke dalam sistem kekebalan kita.

Mereka melanjutkan dengan hadian di bidang kimia pada hari Rabu dan sastra pada hari Kamis. Hadiah Nobel Perdamaian 2022 akan diumumkan pada hari Jumat dan penghargaan ekonomi pada 10 Oktober.

Hadiahnya berupa uang tunai sebesar 10 juta kronor Swedia (hampir US$ 900.000) dan akan dibagikan pada 10 Desember. Uang tersebut berasal dari warisan yang ditinggalkan oleh pencipta hadiah, penemu Swedia, Alfred Nobel, yang meninggal pada tahun 1895. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home