Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:37 WIB | Rabu, 31 Mei 2023

Tiga Orang Dibunuh Tiap Jam, Afsel Catat Angka Kejahatan Tertinggi di Dunia

Seorang pria memegang plakat memberi isyarat di luar pengadilan hakim Senekal di mana dua tersangka pembunuhan seorang manajer pertanian, Brendin Horner, akan tampil di pengadilan, di Senekal, di Provinsi Free State, Afrika Selatan pada 16 Oktober 2020. (Foto: dok. Reuters)

CAPE TOWN, SATUHARAPAN.COM-Hampir tiga orang dibunuh setiap jam di Afrika Selatan selama tiga bulan pertama tahun ini, menurut statistik polisi yang dirilis hari Selasa (30/5).

Polisi mencatat 6.289 orang tewas di negara itu, yang memiliki salah satu tingkat pembunuhan tertinggi di dunia, antara Januari dan Maret, naik 3,4 persen dari periode tahun lalu.

Namun Menteri Kepolisian, Bheki Cele, yang telah lama mendapat kecaman atas kejahatan yang merajalela itu, mengatakan gambaran keseluruhan membaik.

"Kami secara bertahap mendapatkan kembali tanah dari penjahat," kata Cele pada konferensi pers, mengatakan misalnya bahwa pembunuhan anak turun 20 persen.

Jumlah pemerkosaan juga sedikit menurun sebesar 2,8 persen, meski lebih dari 10.500 kasus masih dilaporkan pada kuartal pertama tahun ini.

Tapi ada "peningkatan yang keras kepala" dalam perampokan uang tunai dalam perjalanan lebih dari 20 persen, dengan 64 kasus dilaporkan, kata Cele. Perampokan biasa, penyerangan dan percobaan pembunuhan juga meningkat.

Partai oposisi terkemuka, Aliansi Demokratik (DA), menegaskan kembali seruannya agar Cele diberhentikan, mengatakan bahwa kejahatan "di luar kendali".

Angka-angka baru itu "melukiskan gambaran kekerasan berdarah yang merobek tatanan sosial kita sementara warga kita meringkuk ketakutan di rumah mereka sendiri", kata partai itu dalam sebuah pernyataan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home