Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 05:36 WIB | Jumat, 23 Mei 2014

Tim Uber Pulang, Kandas dari India

Tim Uber Pulang, Kandas dari India
Linda Wenifanetri, andalan Indonesia yang takluk di partai pertama menghadapi India, Kamis (22/5). (Foto-foto: Humas PBSI).
Tim Uber Pulang, Kandas dari India
Greysia Polii dan Nitya Maheswari yang takluk di partai ketiga menghadapi India.
Tim Uber Pulang, Kandas dari India
Bellaetrix Manuputty yang takluk di partai kedua menghadapi India.

NEW DELHI, SATUHARAPAN. COM – Tim bulu tangkis putri yang berpartisipasi hingga perempat final Piala Uber harus berkemas pulang karena takluk 0-3 atas India pada pertandingan yang berlangsung Kamis (22/5) malam WIB, di Stadion Siri Fort Indoor, New Delhi, India.

Pada partai pertama, Linda Wenifanetri yang bertarung dengan  pebulu tangkis peringkat pertama India, Saina Nehwal. Linda sempat di atas angin karena memimpin dalam keadaan 9-4,

Linda bermain cukup sabar dan berhasil memimpin 11-5 atas Nehwal.  Lambat laun Linda terlalu santai bermain sementara Nehwal mulai menyusun serangan yang rapi sehingga menipiskan keadaan menjadi 7-13.

Linda semakin menjauh dari Nehwal seusai kedudukan 15-7, Linda yang tinggal menggapai enam angka menuju kemenangan, malah tersusul hingga 15-11.

Pengembalian Linda yang kurang sempurna atas smes keras Nehwal membuat jarak kini memendek menjadi satu poin saja. Linda masih memimpin 16-15. Nehwal  di atas angin, karena berhasil berbalik meninggalkan Linda 19-16, dan mengakhiri set pertama dengan 21-17.

Nehwal menguasai set kedua, saat Linda tertinggal 1-4, pebulu tangkis Jaya Raya Suryanaga ini sempat mengecilkan keadaan menjadi 3-5.  Akan tetapi Nehwal tetap fokus berkonsentrasi dan tidak membiarkan Linda berkutik hingga memimpin 9-3. Bahkan Nehwal terus “tancap gas” hingga unggul 16-6 atas pebulu tangkis asal Jawa Timur itu.

Di sisa pertandingan, Nehwal terus melesat dan tidak kejar lagi oleh Linda karena berhasil membantai Linda dengan dengan 21-10.

Penderitaan Linda masih diperparah pada partai kedua, karena Bellaetrix Manuputty tumbang atas P.V Sindhu, yang menyebabkan tim Uber Indonesia semakin tertinggal 0-2 dari India.

Pada set pertama Bellaetrix tertinggal 4-12, Bella kemudian mempercepat ritme permainan dengan smash tajam sehingga menipiskan keadaan menjadi 13-16, akan tetapi Sindhu kemudian tetap tenang dan stabil sehingga memenangkan set ini dengan 16-21.  Bellaetrix mampu bangkit di set kedua, dan terbukti pebulu tangkis cantik dari Jaya Raya Jakarta ini mampu memetik kemenangan 21-10.

Pada set penentuan, Bellaetrix berkejar-kejaran angka dengan P.V Sindhu karena dalam kedudukan 20-20, karena beberapa kali match point atau satu angka terakhir sebelum kemenangan, yang silih berganti diraih kedua pebulu tangkis.

Bella awalnya mendapat match point pertama usai unggul 21-20, kemudian kedudukan kembali 21 sama. Seterusnya keadaan hingga 23 sama, sebelum Bellaetrix menyerah di angka 23-25.

Para Srikandi Merah Putih terpaksa harus melupakan mimpi merebut Piala Uber, kepastian ini didapat seusai ganda putri Greysia Polii dan Nitya Maheswari ditaklukkan pasangan India Jwala Gutta dan Ashwini Ponnappa di pertandingan ketiga.

Nitya dan Greysia gagal mengoptimalkan semangat untuk membalas kekalahan Linda dan Bellaetrix di dua partai sebelumnya, karena takluk dua set langsung 21-18, dan 21-18.

Secara agregat Indonesia kalah telak 0-3 dari India, dan dua partai tersisa, yakni Firdasari dan ganda putri, Suci dan Tiara tidak dimainkan, andaikan kedua partai ini dimenangkan Indonesia, maka skor 3-2 masih untuk keunggulan tuan rumah India. Pada  semi final yang akan dilangsungkan Jumat (23/5),  India akan berhadapan dengan Jepang, sementara Tiongkok menghadapi Korea Selatan.

Hasil lainnya, Kamis (22/5): Korea Selatan – Thailand 3-1, Jepang –Denmark 3-0, Tiongkok – Inggris 3-0. (Humas PBSI)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home