Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 18:34 WIB | Kamis, 19 Januari 2017

Timor Leste akan Gelar Pilpres pada 20 Maret

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) dan Ibu Negara Ny. Iriana Joko Widodo (kiri) berfoto bersama Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak (kedua kanan) dan Ny. Isabel da Costa Ferreira (kanan) usai menerima penghargaan the Grand Collar of the Order of Timor Leste di Nicolau Lobato Palacio Presenditial di Dili, Timor Leste, Selasa (26/1/2016). Presiden Joko Widodo menerima bintang jasa tertinggi dari Timor Leste tersebut karena dinilai dan diakui berjasa dalam meningkatkan kerjasama dan hubungan diplomatik kedua negara. (Foto: Antara)

DILI, SATUHARAPAN.COM - Timor Leste akan mengadakan pemilihan presiden pada 20 Maret, kata seorang pejabat pada hari Kamis (19/1), dan peraih Nobel Perdamaian Jose Ramos-Horta mungkin akan mencalonkan diri lagi sebagai kepala negara.

Itu akan menjadi pemilu ketiga Timor Leste setelah merdeka pada 2002.

“Presiden... mengeluarkan dekret pada Selasa yang menyatakan bahwa putaran pertama pemilihan presiden akan diadakan pada 20 Maret,” kata Menteri Komunikasi Sosial Nelyo Isaac Sarmento kepada AFP.

Ramos-Horta merupakan tokoh utama dalam dunia politik negara tersebut selama satu dekade setelah kemerdekaan, pernah menjabat sebagai perdana menteri dan presiden.

Dia kehilangan jabatannya sebagai presiden dalam pemilu 2012 dan bersumpah akan mundur dari politik, tapi analis mengatakan dia sedang mempertimbangkan untuk mencalonkan diri dalam pemilihan pada Maret.

Namun, kemungkinan saingannya Francisco Guterres -- mantan pejuang gerilya yang dikenal dengan nama samarannya ‘Lu Olo’ -- dipandang sebagai calon yang lebih kuat.

Hingga enam calon diperkirakan akan bersaing di putaran pertama pada Maret, imbuh Sarmento, meskipun belum ada satu pun yang mengumumkan pencalonan mereka secara resmi.

Tidak ada satu pun calon presiden yang diprediksi akan mendapatkan 50 persen suara pada 20 Maret, yang berarti putaran kedua kemungkinan akan diadakan pada 20 April.

Presiden petahana Taur Matan Ruak kemungkinan tidak akan mencalonkan diri.

“Ruak mengatakan dia tidak akan mencalonkan diri lagi sebagai presiden dan diperkirakan akan mencalonkan diri di parlemen, dengan tujuan menjadi perdana menteri,” ungkap Damien Kingsbury, seorang pakar Timor Leste di Deakin University Australia.

Hampir 750.000 warga Timor Leste terdaftar sebagai pemilih, kata Sarmento. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home