Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 16:10 WIB | Jumat, 03 Januari 2014

Timsar Evakuasi 49 Penumpang KMP Munawar

Anggota Tim SAR merapat di Pelabuhan Kayangan usai melakukan pencarian korban kapal feri Munawar yang tenggelam di perairan Selat Alas, Selong, Lombok Timur, NTB, Jumat (3/1). Kapal feri Munawar tujuan Kayangan-Poto Tano itu diduga mengalami kebocoran lambung sehingga menyebabkan kapal tenggelam dan menewaskan tiga penumpangnya. (Foto: Antara)

LOMBOK TIMUR, SATUHARAPAN.COM - Sebanyak 49 penumpang KMP Munawar Ferry yang tenggelam di Selat Alas dalam perjalanan dari Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur menuju Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat, berhasil diselamatkan tim SAR gabungan pada Jumat (3/1). 

Kasi Operasi SAR Mataram Lalu Wahyu Effendi saat ditemui Antara di Pelabuhan Kayangan, menyebutkan, penumpang yang berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat sebanyak 49 orang, terdiri atas 34 penumpang, 12 ABK dan tiga staf restorasi kapal. 

"Selain itu, tiga orang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Nama korban yang meninggal dunia adalah Muksin (90), Rizka Febriani (11) dan Muriansyah (40)," kata Wahyu. 

Dikatakan dia, jenazah Rizka dan Muriansyah yang berasal dari Taliwang sudah dibawa menyeberang dari Lombok Timur menuju Sumbawa Barat oleh pihak keluarga menuju daerah asal masing-masing. Sedang jenazah Muksin masih berada di Puskesmas Seteluk, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Dilanjutkan Wahyu, saat ini tim SAR dilengkapi sebuah kapal, dua speed boat, tiga perahu karet dan satu helikopter masih melakukan pencarian korban KMP Munawar Ferry yang tenggelam di kawasan Selat Alas. 

Manager Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Kayangan M Yasin ketika dikonfirmasi menyebutkan, penyebab tenggelamnya kapal masih belum diketahui secara pasti karena masih dalam proses penyelidikan. 

Menurut dia, KMP Munawar Ferry berangkat mengangkut penumpang dan barang dari Pelabuhan Kayangan menuju Pelabuhan Poto Tano pada Jumat dini hari sekitar pukul 02.45 WITA. 

"Berangkat pukul 02.00 WITA lebih, namun kapal baru kami ketahui tenggelam pada pukul 04.00 WITA," kata Yasin.

Sementara itu, M Arawana, relawan Radio Antar-Penduduk Indonesia (RAPI) NTB yang tergabung dalam tim SAR menyebutkan, berdasarkan informasi dari sejumlah penumpang yang selamat, sejak berangkat dari Pelabuhan Kayangan, KMP Munawar Ferry sudah diketahui mengalami kebocoran

Pada pukul 03.45 WITA air laut akhirnya memenuhi bagian dek kapal, hingga penumpang mulai dilanda ketakutan. Suasana di kapal tercekam kepanikan luar biasa.

"Pada pukul 04.00 WITA, akhirnya KMP Munawar Ferry benar-benar tenggelam. Untungnya sebelum kapal tenggelam ke dasar laut, sekitar 90 persen penumpangnya berhasil diselamatkan dan dievakuasi oleh KMP Marina Kuintan yang sedang lewat di lokasi kejadian," ucap Arawana. 

Berdasarkan data di lapangan, sejumlah nama yang tercatat sebagai penumpang KMP Munawar Ferry, antara lain: Abdul Kadir (60), Johnson Dapadoda (23), Nova Windani (8), Alwi Ahmad (35), Usman (30) Nyoman Sukarta (33), Jamiludin (35), Martinus Wate (26), Raden (23), Yulida (26), Agustinus Dapanoda (27), Nadia (9) dan Andi (52). 

"Nama-nama lain kemungkinan akan menyusul, karena masih ada sejumlah korban yang belum berhasil ditemukan tim SAR," kata Arawana. 

KMP Munawar Ferry tenggelam pada pukul 04.00 dini hari di Selat Alas. Menurut informasi dari sejumlah penumpang yang selamat, sejak berangkat dari Pelabuhan Kayangan, KMP Munawar Ferry sudah diketahui mengalami kebocoran.

Akibat tenggelamnya KMP Munawar Ferry, kendaraan bermotor yang diangkut kapal meliputi enam truk, empat mobil jenis pikap, delapan minibus dan 15 sepeda motor, tidak dapat diselamatkan dan turut tenggelam bersama kapal ke dasar Selat Alas.

Tim SAR gabungan yang terdiri atas unsur Basarnas, TNI, Polri, RAPI NTB dan masyarakat setempat hingga kini masih terus intensif melakukan pencarian di wilayah perairan Selat Alas. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home