Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 18:58 WIB | Rabu, 27 Januari 2016

Tiongkok akan Bangun Reaktor Nuklir Terapung

Ilustrasi: Tiongkok berencana membangun reaktor nuklir terapung. (Foto: idrw.org)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Tiongkok berencana membangun reaktor nuklir terapung saat negara itu berupaya meningkatkan kapasitas reaktor pada 2020, ujar seorang pejabat senior pada hari Rabu (27/1).

Pihak berwenang merencanakan sebuah “reaktor terapung di laut,” yang akan menjalani “demonstrasi ilmiah dan ketat,” kata Xu Dazhe, ketua Otoritas Energi Atom Tiongkok (China Atomic Energy Authority).

“Tiongkok berdedikasi untuk membangun dirinya menjadi kekuatan maritim sehingga kami pastinya akan sepenuhnya memanfaatkan sumber daya maritim,” katanya dalam konferensi pers.

Penggunaan reaktor nuklir di laut belum diketahui – kapal induk dan kapal selam sering ditenagai reaktor nuklir – namun untuk tujuan sipil belum pernah terjadi sebelumnya, walaupun sebuah proyek milik Rusia dikabarkan sedang dibangun .

Beijing memasukkan pembangunan dua reaktor nuklir terapung, yang masing-masing akan dibangun China General Nuclear Power Corporation (CGN) dan China National Nuclear Corporation (CNNC), dalam rencana lima tahunnya ke-13 untuk periode 2016-2020, seperti diumumkan kedua perusahaan pada bulan ini.

Reaktor CNNC diperkirakan akan mulai beroperasi pada 2019 dan CGN pada tahun berikutnya, menurut pernyataan mereka. (AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home