Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 09:19 WIB | Sabtu, 27 Juni 2015

Tiongkok Tersingkir dari Piala Dunia Putri 2015

Gelandang Tiongkok, Wang Shanshan (kaus merah, kiri) menjatuhkan gelandang AS, Amy Rodriguez (kaus putih) pada perempat final yang berlangsung Sabtu (27/6) pagi WIB di Stadion Landsdowne, Ottawa, Kanada. (Foto: fifa.com).

OTTAWA, SATUHARAPAN.COM – Kesebelasan putri Tiongkok tersingkir di Piala Dunia Putri 2015 setelah kalah dengan skor 0-1 dari Amerika Serikat (AS) di perempat final yang berlangsung Sabtu (27/6) pagi WIB di Stadion Landsdowne, Ottawa, Kanada.

Menurut catatan statistik fifa.com, penguasaan bola kedua kesebelasan berlangsung seimbang hanya di 15 menit awal pertandingan, setelah itu AS lebih banyak menguasai bola dengan keunggulan 38 berbanding 62 persen. Tiongkok hanya menghasilkan dua tendangan yang melebar dari sasaran, dan dua tendangan yang tepat sasaran, sementara AS unggul karena sembilan  kali melakukan tendangan dan bola jauh dari sasaran, dan lima kali bola tepat sasaran.

Babak pertama AS sempat beberapa kali memberi tekanan ke gawang Tiongkok, seperti yang terjadi menit ketujuh saat Kelley O’Hara menyambut bola umpan dari rekannya, Becky Sauerbrunn namun bola melenceng di atas tiang.

Peluang AS selanjutnya terjadi lewat Carli Lloyd, gelandang AS ini mengeksekusi bola dari tendnagan bebas, tetapi bola dihalau kiper Tiongkok, Wang Fei.

Tiongkok sebenarnya memberi perlawanan dengan mencoba mengalirkan bola hingga ke area permainan AS, namun aliran bola para pesepak bola putri Negeri Tirai Bambu mudah dipatahkan para gelandang AS – Becky Sauerbrunn,  Meghan Klingenberg,  dan Morgan Brian – yang cekatan mengawal pergerakan para penyerang Tiongkok, Hen Peng dan Wang Shanshan.

Gol yang dinanti para pemain AS terjadi menit ke-51 dari bola eksekusi tendangan bebas yang dilepaskan Meghan Klingenberg ke rekannya, Julie Johnston.

Sempat menggiring bola beberapa langkah Johnston langsung mengumpan bola ke kotak penalti Tiongkok, bola tak terhalangi para pemain Negeri Tirai Bambu sehingga dengan mudah Carli Lloyd menyundul bola melewati gawang Tiongkok yang dijaga Wang Fei. Sampai berakhirnya laga, tidak ada gol tambahan tercipta sehingga AS lolos semi final.

Susunan Pemain:

Tiongkok:  Wang Fei, Wu Haiyan,  Zhao Rong, Li  Dongna,  Liu Shanshan, Tan Ruyin, Ren  Guixin,  Wang Lisi, Lou Jiahui,  Hen Peng, Wang Shanshan. 

Amerika Serikat: Hope Solo, Ali Krieger, Julie Johnston,  Becky Sauerbrunn,  Meghan Klingenberg,  Morgan Brian, Carli Lloyd, Kelley O'Hara,  Tobin Heath,  Amy Rodriguez,  Alex Morgan. (eurosport.com/fifa.com). 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home