Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 10:35 WIB | Kamis, 25 Juni 2015

Jelang Perempat Final, Pesepakbola Putri RRT Terkenang Tahun 1999

Jelang Perempat Final, Pesepakbola Putri RRT Terkenang Tahun 1999
Wu Haiyan, salah satu andalan Tiongkok (kaus putih). (Foto-foto: fifa.com).
Jelang Perempat Final, Pesepakbola Putri RRT Terkenang Tahun 1999
Kegembiraan para pesepak bola Jepang menjuarai Piala Dunia Putri 2015.

OTTAWA, SATUHARAPAN.COM – Pesepak bola putri Tiongkok, Wang Shanshan mengingat kembali memorinya pada 1999 saat kesebelasan Tiongkok menghadapi Amerika Serikat di Final Piala Dunia Putri ketiga. 

“Aku saat itu masih di sekolah dasar, tapi aku ingat menonton dengan penuh harap-harap cemas. Aku tahu mimpiku dimulai ketika Tiongkok bermain sangat baik untuk mencapai final. Sun Wen adalah pemain favorit dan pahlawan Tiongkok pada waktu itu,” kata Wang.

Menurut fifa.com, Rabu (24/6), Tiongkok dijadwalkan akan bertanding melawan Amerika Serikat pada Sabtu (27/6) pagi WIB mendatang di Stadion Landsdowne, Ottawa, Kanada dalam perempat final Piala Dunia Putri.

Wang termasuk salah satu pesepak bola putri Tiongkok yang turun di Piala Dunia Putri 2015. Saat Final Piala Dunia Putri 1999 dia merasa sedih mendalam saat Tiongkok tumbang di tangan AS lewat adu penalti dengan skor 5-4. Tiongkok kalah di final yang kala itu diselenggarakan di AS.

Tiongkok belum pernah mengalahkan AS dalam laga resmi Piala Dunia Putri, tetapi para pemain Tiongkok diuntungkan dalam situasi fisik karena dua andalan AS, Lauren Holiday dan Megan Rapinoe, dalam kondisi cedera.

Sementara itu gelandang Tiongkok lainnya,  Shuang Wang, mengatakan timnya berkembang dan bermain dengan lebih dewasa. sehingga melakoni permainan sepak bola dengan ceria.

“Aku rasa kami menjadi lebih baik dan jauh lebih baik dari setiap pertandingan yang kami mainkan,” kata Wang.  

Wang mengatakan menjelang partai berat melawan AS Tiongkok telah mendapatkan pengalaman berharga di perdelapan final saat menghadapi Kamerun.

“Aku tahu itu adalah pertandingan yang kritis bagi kami dan kami bertarung cepat layaknya prajurit," kata Wang.

Kebangkitan Negara Asia

Piala Dunia Putri 2015 menandakan kebangkitan sepak bola Asia, karena tiga negara Asia – Tiongkok, Jepang dan Australia – menembus  perempat final selain dua negara unggulan yang dominan dalam cabang olahraga ini seperti Amerika Serikat dan Jerman.  

Jepang tampil sempurna di babak penyisihan grup di mana mereka sukses menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan. Tiket perempat final diraih Jepang usai menaklukkan Belanda 2-1 di babak 16 besar.

Tiongkok melaju perempat final karena menundukkan Kamerun 1-0. Satu negara lain yang berhasil masuk yakni Australia. Tim Negeri Kanguru sejak awal tidak diunggulkan, sukses membuat kejutan besar dengan menyingkirkan Brasil dengan skor tipis 1-0.

Berikut jadwal lengkap babak perempat final Piala Dunia Wanita 2015:

Sabtu 27 Juni 2015 dini hari WIB:

03:00 WIB: Jerman vs Prancis (Olympic Stadium, Montreal)

06:30 WIB: Tiongkok vs Amerika Serikat (Landsdowne Stadium, Ottawa)

Minggu 28 Juni 2015 dini hari WIB:

03:00 WIB: Australia vs Jepang (Commonwealth Stadium, Edmonton)

06:30 WIB: Inggris vs Kanada (BC Place, Vancouver) (fifa.com/Wikipedia.org).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home