Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 08:45 WIB | Sabtu, 27 Juni 2015

Jerman Melangkah ke Semi Final Piala Dunia Putri 2015

Bek tim nasional putri Jerman, Babbett Peter (kiri), mencoba mengahalangi pergerakan Louisa Necib (Prancis, kaus biru) pada laga perempat final Piala Dunia Putri 2015 yang berlangsung di Stadion Olympic, Montreal, Kanada, Sabtu (27/6) pagi WIB. (Foto: fifa.com).

MONTREAL, SATUHARAPAN.COM – Jerman melangkah ke semi final Piala Dunia Putri setelah unggul tipis 5-4 dalam adu penalti atas Prancis pada laga perempat final Piala Dunia Putri 2015 yang berlangsung di Stadion Olympic, Montreal, Kanada, Sabtu (27/6) pagi WIB.

Menurut fifa.com, Jerman yang pernah memenangi Piala Dunia Putri pada 2003 dan 2007 sempat hampir kebobolan di menit-menit awal laga, saat dua gelandang Prancis, Elodie Thomis dan Louisa Necib saling mengoper bola di daerah pertahanan Jerman, namun bola operan Thomis kepada Necib gagal menghasilkan gol, karena bola tendangan Necib melambung di atas gawang Jerman yang dijaga Nadine Angerer.

Jerman balik mengancam Prancis pada menit ke-12, saat gelandang Babett Peter mengeksekusi bola dari tendangan bebas, sebelum bola jatuh di kotak penalti Prancis, bola ditinju penjaga gawang Prancis, Sarah Bouhaddi dan gagal berbuah gol  bagi tim putri negara yang berjuluk Panzer ini.

Sekali lagi, kesempatan yang sama diperoleh Jerman pada menit ke-26 kali ini dari tendangan bebas yang disekusi salah satu gelandangnya, Anja Mittag, bola eksekusi Anja mendarat di kaki rekannya, Leonie Maier namun tendangan Maier terlalu lemah sehingga dengan mudah diamankan penjaga gawang Prancis, Sarah Bouhaddi.

Babak kedua, Jerman mengambil alih permainan dan banyak menguasai bola. Hampir saja terjadi peluang membahyakan gawang Prancis pada menit ke-58, saat bola tendangan bebas yang dieksekusi salah satu gelandangnya, Dzsenifer Marozsan menjadi gol, namun Bouhaddi bereaksi dengan cekatan membuang bola dan hanya menghasilkan tendangan penjuru bagi Jerman.

Prancis yang lebih banyak diserang di luar dugaan mendapat gol menit ke-64, gol tercipta dari sebuah sodoran bola dari lini belakang Prancis yang tepat   diterima salah satu gelandangnya, Louisa Necib. Gelandang Prancis ini kemudian menggiring bola, walau masih jauh dari kotak penalti Jerman namun Necib nekat melepaskan bola dengan tendangan kencang, bola sempat membentur salah satu bek Jerman, Annike Krahn dan berbelok arah sehingga Nadine Angerer, yang berjaga di bawah mistar gawang Jerman, salah antisipasi.

Usaha Jerman menyamakan kedudukan berhasil pada menit ke-85 saat Leonie Maier yang menggiring bola dari sisi kiri penyerangan Jerman masuk kotak penalti Prancis, bola yang hendak dioper Maier ke salah satu rekannya di mulut gawang secara tidak sengaja mengenai lengan bek Prancis, Laura Georges akibatnya wasit menunjuk titik putih atau hukuman penalti bagi Jerman.

Celia Sasic tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut karena bola hasil eksekusi penalti Sasic sukses berbuah gol bagi Jerman.

Kedudukan imbang 1-1 menyebabkan pertandingan dilanjutkan dengan waktu tambahan 2 x 15 menit, akan tetapi setelah waktu tambahan tetap tidak ada gol tambahan tercipta, sehingga pertandingan dituntaskan dengan adu penalti.

Saat adu penalti lima pemain Jerman – Melanie Behringer, Simone Laudehr, Babett Peter, Dzsenifer Marozsan, dan Celia Sasic – sukses  mencetak gol. Sementara para pesepak bola putri Prancis hanya dapat menyarangkan empat penalti yang dieksekusi, Camille Abily, Louisa Necib, Wendie Renard, dan Gaetane Thiney, satu-satunya eksekutor penalti Prancis yang gagal melaksanakan tugasnya adalah Claire Lavogez, karena bola yang dia tendang dihalau kiper Jerman, Nadine Angerer.

Dengan hasil tersebut, Jerman melangkah ke semi final Piala Dunia Putri.

Susunan Pemain:  

Jerman: Nadine Angerer,  Leonie Maier,  Annike Krahn,  Babett Peter,  Tabea Kemme,  Lena Goessling,  Melanie Leupolz,  Simone Laudehr,  Anja Mittag, Alexandra Popp, Célia Sasic.  

Prancis:  Sarah Bouhaddi,  Jessica Houara,  Laura Georges,  Wendie Renard, Amel Majri, Amandine Henry, Camille Abily,  Elodie Thomis,  Louisa Necib,  Marie-Laure Delie, Eugénie Le Sommer. (fifa.com).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home