Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 20:52 WIB | Selasa, 31 Desember 2013

Tips Membuat Resolusi Tahun Baru yang Berhasil

Ulysses diikat di tiang kapal sebagai cara untuk menangkal godaan para Siren. Lukisan karya John William Waterhouse, dilukias pada 1891. (Sumber: Wikipedia)

SATUHARAPAN.COM – Tiap akhir tahun, kita pasti tergoda untuk membuat resolusi—janji untuk mewujudkan sesuatu pada tahun depan. Namun, kebanyakan resolusi menguap begitu saja. Penulis, Raditya Dika saat ditanya tentang resolusi tahun 2014, ia menjawab, “Mengingat-ingat resolusi 2013.” Saking frustrasinya.

Suatu hari biasa dalam hidup kita mungkin terlihat seperti ini: alarm ramai berdering. Setelah dua kali memencet snooze, 16 menit masih bergelung di tempat tidur. Saat kita masuk ke kantor, masalah pekerjaan kemarin masih menggelayuti pikiran kita, tetapi kita log in dan memeriksa Facebook. Setelah itu, kami masuk dan keluar dari pertemuan, membalas e-mail, dan mulai pada sebuah proyek yang akan jatuh tempo dalam 48 jam. Dan pada 19:15, tepat sebelum berjalan keluar pintu, 25 menit kemudian dari yang direncanakan, kita mengambil kue-kue kudapan di pantri yang akan menemani kita dalam perjalanan pulang.

Sebuah versi dari rutin ini mungkin menjadi bagian dari realitas suram yang hampir setiap hari kita jalani, tapi ada satu pengecualian yang sangat penting. Pada 1 Januari banyak dari kita membuat segala macam janji bahwa “mulai besok, hal-hal akan berbeda.” Ada yang lama (2013) dan baru (2014), dan 1 Januari adalah kesempatan untuk menyambut yang baru, meningkatkan diri. Begitu tahun baru dimulai, kita mengatakan kepada diri sendiri bahwa baru 2014 hidup kita akan berbeda. Kita yakin bahwa mulai sekarang kita akan langsung bangun begitu alarm berdering, kita akan berhenti menunda-nunda dan pasti kita tidak akan tanpa berpikir makan makanan ringan yang tidak sehat.

Semacam ini janji pada diri sendiri adalah jenis keajaiban yang membuat manusia bergerak. Sayangnya, begitu masuk pertengahan Januari, kilap “manusia baru” tidak terasa seperti baru. Setelah beberapa minggu menabrak realitas dan kebiasaan lama, manusia baru kembali pada kebiasaan lama.

Mengingat tantangan-tantangan ini, bagaimana kita dapat mengambil keuntungan dari niat baik kita pada 1 Januari dan membuat resolusi ini bekerja untuk kita sepanjang tahun, atau setidaknya lebih lama dari secara alami akan berlangsung?

Satu jawaban yang sederhana adalah kejelasan pada awal tahun baru dan mengambil tindakan membuat kita berkomitmen untuk membuat keputusan yang baik di masa depan. Sama seperti Ulysses dan para duyung, dengan cara ini, bahkan jika di masa depan kita akan tergoda untuk menyimpang, kita tidak akan dapat mengikuti godaan tersebut.

Di mana dalam kehidupan modern kita bisa bergaya Ulysses “mengikat diri untuk tiang” bisa membantu? Berikut adalah beberapa ide yang dapat membantu Anda membuat 1 Januari 2014, berbeda dengan 1 Januari tahun lalu:

Tips

Meminta tukang sayur tiap hari mengirim buah. Atau, berlangganan delivery buah segar mingguan. Dengan cara itu kita membuat memiliki makanan sehat menjadi kenyataan. Pendekatan ini memiliki efek samping tentang urgensi. Setiap minggu ketika buah ini dikirim, kita mengetahui dengan baik bahwa jika kita gagal untuk mengonsumsi buah dalam minggu depan, lebih dari itu akan muncul dan kita harus membuang buah yang tidak terpakai.

Berikan teman baik kemampuan untuk mengambil sejumlah uang dari rekening bank Anda jika Anda memutuskan diet Anda. Beri tahu teman ini bahwa jika ia melihat Anda makan sesuatu yang tidak sehat, ia harus menarik sejumlah tertentu uang dari rekening Anda dan membelanjakannya. Dan, jika Anda menemukan bahwa ini tidak cukup menyakitkan, meningkatkan jumlah uangnya, atau membuat kesepakatan dengan seseorang yang Anda tidak terlalu suka (mungkin bos Anda).

Mengatur transfer bulanan otomatis dari rekening Anda ke rekening tabungan. Keputusan untuk mentransfer uang akan membantu Anda mengelola anggaran Anda, sementara juga membantu keamanan masa depan keuangan Anda.

Berolahraga setiap hari membutuhkan lebih banyak niat dan komitmen. Bergabung dengan gym bagus tapi masih memerlukan keputusan sehari-hari untuk pergi ke gym. Sebaliknya, pendekatan yang lebih baik adalah untuk mengatur acara “pertemuan” mingguan dengan teman-teman atau rekan kerja untuk “nge-gym”. Semacam ini kewajiban sosial cenderung untuk menahan Anda, dan mereka, bertanggung jawab untuk muncul, dan sekali Anda telah muncul, Anda mungkin juga mulai berkeringat.

Pergi ke tempat penampungan terdekat dan mendapatkan seekor anjing. Setelah Anda membuat keputusan ini, Anda akan terpaksa punya jadwal jalan-jalan harian untuk dekade berikutnya.

Melakukan semua hal ini akan membuat 1 Januari hari yang sangat sibuk. Tapi, dengan melakukan hal-hal ini ketika keinginan untuk memulai masih kuat dalam pikiran kita, ada kesempatan yang lebih baik bahwa niat baik kita akan tetap bisa kita jalani dan mendapatkan hasil pada 2014.

Ulysses dan Duyung

Kisah pertemuan dengan para duyung atau Siren diceritakan dalam kisah Odyssey, nama lain Ulysses. Pada suatu ketika, ketika Ulysses harus melewati pantai berkarang yang dihuni oleh para duyung, ia menyuruh seluruh anak kapalnya untuk menyumbat telinga mereka dengan lilin agar tidak mendengar suara para Siren yang menghanyutkan hati. Ia sendiri ingin diikat pada tiang dengan tidak menyumbat telinga karena penasaran seperti apa nyanyian para Siren tersebut. Ketika ia mendengar suara merdu para Siren, ia memberontak dan menyuruh anak kapalnya agar melepaskan tali yang mengikat dirinya ke tiang kapal. Para anak kapalnya menolak. Ketika kapal mereka sudah jauh dari Siren, Odysseus berhenti memberontak dan menjadi tenang, setelah itu dibebaskan. (Time/Wikipedia)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home